Trik Memenangkan Persaingan

0
281
Produk kecantikan (dok ukmsumut.com)

 

Bicara mengenai toko yang menjual berbagai produk kecantikan atau yang biasa dibilang dengan toko kosmetik memang cukup ketat persaingannya. Tapi percayalah bahwa dengan niat yang baik, kerja keras dan strategi yang tepat, toko Anda akan tetap dapat berjalan dan terus berkembang.

Adanya penurunan omset akibat adanya persaingan, maka ada beberapa masukan yang bisa saya berikan. Yang pertama adalah Fokus pada Bidang Usaha. Jika Anda memposisikan toko sebagai toko kosmetik, maka Anda harus tetap fokus untuk menjual produk kosmetik. Jika ingin menjual produk lain, pastikan bahwa produk tersebut tidak terlalu jauh dari dunia kecantikan.

Yang kedua adalah melakukan penjual yang ‘Menarik’. Karena toko Anda menjual produk kecantikan maka Anda dan semua karyawan harus selalu tampil menarik, misalnya dengan selalu menggunakan make-up. Dengan demikian Anda sudah memberikan contoh dan sekaligus menjadi inspirasi bagi customer agar bisa tampil lebih baik dengan produk kosmetik yang Anda jual.

Langkah lain ialah menjual dengan edukasi. Setiap customer yang membeli produk di toko Anda harus mendapatkan penjelasan yang benar tentang produk yang dibelinya. Pastikan bahwa customer Anda menggunakan produk dengan benar. Contoh: Anda harus memberikan informasi kepada customer yang membeli produk sunscreen/tabir surya, bahwa produk tersebut harus digunakan minimal 30 menit sebelum beraktivitas agar mampu memberikan proteksi secara optimal.

Dengan melakukan edukasi, maka customer akan selalu ingat dengan Anda dan akan menjadi loyal customer dan tidak mudah ‘tergoda’ oleh kompetitor. Selain itu world of mouth akan mulai berjalan.

Anda juga bisa memberikan hadiah yang menarik kepada para pelanggan setia. Sebagian besar customer toko kosmetik adalah wanita. Jadi Anda harus mengerti karakter mereka. Literatur menyebutkan bahwa ‘seringkali’ motif wanita untuk membeli bukan karena kebutuhannya tetapi lebih cenderung karena dorongan emosi.

Jadi Anda harus bisa memancing emosi mereka.  Salah satu caranya adalah dengan memberikan gift yang benar-benar menarik agar mereka tertarik untuk datang ke toko Anda dan berbelanja.

Langkah marketing yang tepat. Saat ini, tidak ada satu bisnis di dunia yang tidak memerlukan strategi marketing. Mau tidak mau, toko Anda harus dikomunikasikan secara continue agar tetap diingat oleh customer lama dan bisa menarik customer baru.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang spanduk/banner di tempat strategis yang biasa dilewati oleh target market atau dengan membagi brosur di kompleks perumahan yang dekat dengan toko Anda.  Jangan lupa untuk memancing customer agar datang dengan memberikan informasi yang menarik pada brosur.

Dan yang terakhir adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggan. Service Excellence (pelayanan yang sangat baik) adalah salah satu kekuatan bisnis di era sekarang ini.  Pendekatan secara familiar kepada customer yang sudah Anda lakukan tentunya adalah hal baik yang harus dipertahankan.

Jangan pernah menghilangkan sesuatu yang baik yang sudah ada saat ini. Anda harus senantiasa meningkatkannya agar makin hari customer makin dekat. Jika ini terjadi maka customer akan lebih sulit untuk berpaling dan ini berarti jumlah loyal customer akan semakin banyak  dan bisnis Anda tetap berjalan sesuai harapan.

Selamat Mencoba dan Semoga Sukses.

 

Oleh: Bambang Wahyu Purnomo

Pengamat Kewirausahaan

Email: [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.