Turunkan Berat Badan dengan Tauge

0
2400
Tauge (doknatur-e.co.id)

Memiliki berat badan berlebih membuat seseorang mudah lelah, mudah diserang penyakit serta mudah merasa ngantuk. Selain itu kegemukan bisa menimbulkan banyak penyakit seperti diabetes, kolesterol, asma, darah tinggi dan jantung.

Kegemukan sangat sering disebabkan oleh kombinasi antara asupan energi makanan yang berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, dan faktor genetik. Meskipun sebagian kecil juga disebabkan oleh gen, gangguan endokrin, obat-obatan atau penyakit psikiatri. Namun ada sebagian orang yang makan sedikit tetapi berat badan bertambah karena metabolisme tubuh lambat.

Rata-rata orang gemuk mengeluarkan energi yang lebih besar dibandingkan orang kurus,  sebab dibutuhkan energi untuk menjaga massa yang lebih besar. Pengaturan diet dan aktivitas fisik masih menjadi cara terbaik dalam mengatasi kegemukan. Kualitas asupan dapat diperbaiki dengan mengurangi konsumsi makanan padat energi seperti makanan yang berlemak tinggi, gula serta meningkatkan asupan serat.

Menurut dr. Sisilia, herbalis, tauge merupakan kecambah yang berasal dari biji-bijian hijau dengan ukuran lebih kecil dari sayur-sayuran lain. Tauge baik untuk orang yang menjalani diet karena mempunyai senyawa fitokimiawi dan kanavanin. Senyawa-senyawa tersebut sangat baik untuk menjaga keasaman lambung, melancarkan pencernaan,  dan pembentukan asam amino esensial penyusun protein.

Selain itu, zat saponin dalam tauge bisa menghancurkan lemak jahat tanpa merusak lemak baik. Kalium yang terdapat dalam tauge juga mampu memperbaiki fungsi jaringan organ dan sel menjadi lebih baik serta menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan lain dalam tauge antara lain karbohidrat, protein, asam folat, fosfor, seng, potassium, kalium, zat besi, Vitamin A, B, C, dan E, serat, niasin dan energi yang sangat bagus untuk tubuh.

Selain bisa menurunkan berat badan, tauge juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan. Kandungan Vitamin E di dalam tauge merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas sehingga membantu peremajaan kulit. Di samping itu, tauge juga dapat membantu menghaluskan kulit, menghilangkan vlek-vlek hitam pada wajah, menyembuhkan jerawat dan menyuburkan rambut.

Manfaat lain dari tauge adalah mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan kesuburan, serta sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan keasaman lambung. Tauge juga dapat meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi kolesterol dalam darah, mencegah serangan jantung, dan osteoporosis.

Untuk menurunkan berat badan, cukup dengan makan tauge sebanyak 300 gram setiap pagi dan sore hari. Tauge bisa dimakan dalam olahan sayur ataupun menjadi campuran gado-gado agar lehih memiliki rasa dan tidak bosan saat memakannya. Jika makan tauge secara rutin serta diimbangi dengan pola makan dan olahraga maka dalam waktu dua minggu maka berat badan akan turun. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan karena berasal dari bahan alami.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.