Khasiat Belimbing yang Sayang Disia-siakan

0
75

Sebagai negara di wilayah tropis, Indonesia dikaruniani banyak buah yang sangat segar, berkhasiat dengan rasa yang sangat nikmat. Salah satunya belimbing.

Belimbing atau Averrhoa carambola adalah buah yang populer di negara beriklim tropis. Belimbing dikenal dengan rasa asam manisnya yang khas dan menyegarkan.

Belimbing mengandung mineral yang baik bagi kesehatan. Sesuai bentuknya, belimbing juga populer dengan sebutan ‘star fruit’.

Buah belimbing kaya serat dan sumber vitamin C. Dilansir Healthline, buah ini juga memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin B5, folat, tembaga, kalium, magnesium, dan mineral.

Selain kaya serat dan vitamin, buah belimbing juga dikenal rendah kalori. Saat muda, buah ini berwarna hijau dan akan berubah kuning setelah matang.

Selain enak dibuat rujak, belimbing juga bisa dimakan langsung dalam bentuk segar, manisan, atau untuk dibuat minuman jus.

Banyak khasiat yang dapat diambil dari belimbing jika bisa mengonsumsinya secara rutin.

Berikut beragam manfaat belimbing yang baik untuk kesehatan, dirangkum dari Klikdokter dan Healthline.

 

Manfaat Belimbing bagi Kesehatan

  1. Menurunkan berat badan

Manfaat pertama dari belimbing adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi.

Mengonsumsi buah ini bisa membuat Anda tidak cepat lapar. Apalagi belimbing juga ampuh meningkatkan metabolisme tubuh yang membuatnya baik untuk menu diet dalam program penurunan berat badan.

  1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Tingginya kandungan vitamin C yang ada dalam belimbing dapat mencukupi 50 persen kebutuhan tubuh. Mengonsumsi belimbing sangat baik untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Vitamin C pada belimbing sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal penyakit, dan menguatkan tulang dan otot.

  1. Meredakan sakit maag

Belimbing kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk meringankan gangguan pada lambung, seperti sakit maag. Diketahui buah ini memiliki kandungan antiulkus seperti terpenoid, flavonoid, dan mucilage.

Kandungan ini dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung akibat gastritis.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Mengonsumsi buah ini baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan gigi. Belimbing diketahui memiliki andungan kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan seng.

Buah ini sangat cocok untuk penderita osteoporosis dan radang sendi.

  1. Menyembuhkan masalah kulit

Jika Anda memiliki masalah pada kulit, belimbing bisa menjadi solusi. Belimbing memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta mengurangi risiko peradangan pada kulit.

Selain itu, vitamin C yang tinggi dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab.

Belimbing juga memiliki kandungan antimikroba dan antiinflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim.

Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering, dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan mengonsumsi belimbing.

  1. Menjaga rambut tetap sehat

Kandungan antioksidan yang banyak pada belimbing, seperti polifenol, asam galat, dan quercetin dapat membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengonsumsi buah ini, yang juga memiliki kandungan vitamin C, dapat memelihara kolagen dan protein penting yang ada pada rambut.

Rutin mengonsumsi belimbing selain dapat menjaga kesehatan kulit serta menjaga rambut Anda tetap sehat.

  1. Memelihara jantung

Mengonsumsi belimbing juga berdampak baik untuk kesehatan jantung. Kandungan yang ada dalam belimbing dapat menyingkirkan plak dalam pembuluh darah sehingga dapat melancarkan peredaran darah pada organ tubuh, termasuk jantung.

  1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kandungan nutrisi dan manfaat belimbing memang sangat baik bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi buah belimbing dengan porsi yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Belimbing mengandung cukup banyak vitamin B9 (asam folat) yang bermanfaat untuk menurunkan kadar homosistesin.

Meski demikian, orang yang memiliki gangguan fungsi ginjal, khususnya gagal ginjal kronis, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah belimbing. Hal ini karena buah belimbing mengandung asam oksalat dan karamboxin.

Untuk mendapatkan manfaat belimbing secara optimal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk mengetahui seberapa banyak buah belimbing yang perlu Anda konsumsi.

  1. Mencegah kanker

Belimbing memiliki kandungan flavonoid polifenol yang bisa mencegah penyakit kanker. Kandungan yang ada dalam belimbing ini berguna untuk melawan dan juga membuang efek mutagenik yang disebabkan oleh radikal bebas.

Mengonsumsi belimbing mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis.