Pelaku Industri Berharap Serapan Semen Meningkat

0
660
Semen (dok klikanggaran.com)
Pojok Bisnis

Di tengah gencarnya pemerintah menggenjot proyek pembangunan infrastruktur di berbagai daerah tak berdampak besar pada bergairahnya industri semen tanah air. Hingga smester pertama 2019, serapan semen masih belum optimal.

Melambatnya serapan semen diakui Agung Wiharto, Direktur Human Resources PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Hal ini pun seirama dengan survei Bank Indonesia yang menyatakan keinginan konsumen untuk membangun maupun membeli rumah selama 1 tahun ke depan menurun.

Menurutnya, kebutuhan ritel untuk pembangunan rumah maupun properti menopang konsumsi semen hingga 70%, sedangkan selebihnya diserap oleh proyek-proyek pembangunan besar seperti infrastruktur yang bisa menyerap 15% dari konsumsi nasional.

Meski demikian ia berharap akan ada peningkatan serapan semen hingga akhir tahun ini dengan prediksi pertumbuhan 3%-4% menjadi sekitar 71,9 juta ton dari realisasi akhir tahun lalu 69,5 juta ton

Top Mortar gak takut hujan reels

Minimnya serapans emen juga dirasakan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR). Paruh pertama 2019 penjualan terkoreksi 4,86% dari 13,39 juta ton menjadi Sepanjang semester I/2019, SMGR itu mencatatkan penjualan semen sebanyak 12,74 juta ton, menjadi 11,21 juta ton. Angka ini lebih rendah 5,14% dibandingkan tahun sebelumnya 11,82 juta ton.

Sementara itu, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) mengaku mengalami peningkatan permintaan dan produksi. SMBR memproduksi 897.893 ton meningkat 1% dari tahun 2018 sebesar 887.047 to

Dede Parasede.Direktur Keuangan Semen Baturaja, mengklaim realisasi penjualan semen semester I mencapai 880.000 ton, naik 2% dari tahun lalu dengan penjualan sebesar 866.000 ton. Pihaknya mencatatkan penjualan semen hingga mencapai 2,3 juta ton. Dede optimistis perusahaannya bisa memacu bisnis di semester kedua.

Widodo Santoso, Ketua Umum Asosiasi Semen Indonesia mengatakan buruknya serapan semen smester I tahun 2019 karena proyek-proyek belum dimulai. Menurutnya konsumsi semen pada Juni anjlok 27,4% secara bulanan menjadi 2,7 juta ton. Namun, konsumsi semen pada Juni naik 12,8% secara tahunan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.