Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemnaker Siap Bangun Innovation Center

0
760
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Hery Sudarmanto saat berbicara di focus group discussion (FGD) bersama generasi milennial di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (20/4). (Dok. Kemnaker)

Berempat.com – Dalam merespon revolusi industri 4.0, Kementerian Ketenagakerjaan berencana untuk dapat menggandeng generasi muda, khususnya generasi milennial dengan membangun innovation center atau pusat inovasi. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Hery Sudarmanto.

“Keberadaan innovation center ini bertujuan untuk memfasilitasi generasi muda yang memiliki pemikiran kreatif dan inovatif, untuk memberikan ruang kepada mereka mengembangkan kemampuannya,” terang Hery saat membuka focus group discussion (FGD)  bersama generasi milennial di kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Jumat (20/4).

Rencananya, pusat inovasi tersebut akan dibangun di lantai M gedung parkir Kementerian Ketenagakerjaan dan akan dibuka secara resmi pada pertengahan tahun ini. Ke depan, pusat inovasi ini akan dibuka untuk umum.

Ide pusat inovasi ini dikatakan Hery merupakan ide dari Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri. Melalui pusat inovasi ini, ujar Hery, Menteri Hanif berharap agar generasi milennial dapat menghasilkan sesuatu yang nyata.

“Siapa saja boleh datang ke innovation center, tapi harus produktif,” ujar Hery.

Karena itu, Hery menjelaskan bahwa tujuan FGD ini digelar tidak lain agar bisa bertukar pikiran dengan generasi milennial sehingga pusat inovasi yang akan dibangun tepat sasaran. Selain itu, agar pusat inovasi ini pun dapat mendorong generasi muda untuk semakin kompetitif dan mampu bersaing dengan menjadi pengusaha maupun saat terjun ke dunia kerja.

“Yang penting outputnya harus berdampak pada peningkatan kompetensi sumberdaya manusia, sesuai dengan era digital, memberikan dampak sosial dan sejalan dengan revolusi industri 4.0,” pungkas Hery.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.