Perlunya Forum Bipartit Dalam Penyelesaian Perselisihan Pekerja dan Pengusaha

0
342
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat ditemui di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/4). (Dok. Kemnaker)

Berempat.com – Forum bipartit perlu dimaksimalkan kegunaannya oleh para pengusaha maupun para serikat pekerja untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi. Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menganggap hal itu perlu agar perselisihan pada hubungan industrial dapat terselesaikan dengan cepan dan baik.

“Kalau ada masalah harus didiskusikan, terbuka dan saling percaya antara serikat pekerja dan pengusaha,” ujar Hanif di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (17/4).

Langkah dialog maupun diskusi harus diupayakan bersama untuk meminimalisir kesalahpahaman. Hanif menganggap, baik pekerja maupun perusahaan harus mengoptimalkan dan mengefektifkan forum bipartit agar ketika adanya pembahasan PKB dapat berjalan lebih baik.

Hanif mengingatkan perlunya pengusaha dan pekerja untuk tidak menggunakan kekuatan dalam dialog sosial. Karena bila keduanya mengedepankan kekuatan, maka ujung-ujungnya hanya akan berelasi pada kekuasaan.

“Kalau kekuatan relasinya kekuasaan, akhirnya kita tidak pergi ke mana-mana,” ujar Hanif.

Selain itu, Hanif juga menganggap pentingnya keberadaan serikat pekerja di perusahaan. Karena inovasi di perusahaan bisa datang dari kalangan pekerja atau serikat pekerja. Karena itu pula Hanif meminta agar pengusaha mau memberikan ruang kepada serikat pekerja dalam perusahaan untuk bergerak dan tumbuh.

“Pengusaha harus memberi ruang bagi serikat pekerja untuk tumbuh dan serikat pekerja juga harus produktif,” papar Hanif.

Sebagai informasi, berdasarkan data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bekasi, jumlah perusahaan di Kawasan Industri Kabupaten Bekasi mencapai 4.345 perusahaan. Sementara jumlah tenaga kerjanya mencapai angka 1.214.052 orang pekerja.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 377 perusahaan telah memiliki perarturan perusahaan, sedangkan yang sudah memiliki PKB baru sebanyak 150 perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.