Bersatu dalam Memperkuat Sektor Industri Ramah Lingkungan, Kadin Indonesia dan Inggris Sepakat Kerja Sama

0
168
Bersatu dalam Memperkuat Sektor Industri Ramah Lingkungan, Kadin Indonesia dan Inggris Sepakat Kerja Sama
Bersatu dalam Memperkuat Sektor Industri Ramah Lingkungan, Kadin Indonesia dan Inggris Sepakat Kerja Sama (Dok Foto: KADIN Indonesia)
Pojok Bisnis

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah menandatangani kesepakatan hibah dengan Kedutaan Besar Inggris untuk memperkuat kerja sama dalam mencapai nol emisi dan mendukung pembangunan berkelanjutan. Kesepakatan tersebut terjadi pada 30 April 2024 di Menara Kadin Indonesia.

Acara tersebut dimaksudkan untuk merangsang identifikasi area potensial kerjasama dan investasi di sektor industri ramah lingkungan, serta memperkuat hubungan dan jaringan antara pemangku kepentingan yang bertekad memajukan agenda Race to Zero.

Kerja Sama untuk Masa Depan Berkelanjutan

Perubahan iklim merupakan krisis global yang membutuhkan kolaborasi. Inggris dan Indonesia, sebagai mitra yang kuat, berkomitmen untuk mencapai target perubahan iklim yang ambisius dan memimpin dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat, adil, dan tangguh.

Bisnis memiliki peran penting dalam mencapai target iklim karena berpengaruh besar terhadap emisi global, penggunaan sumber daya, dan inovasi. Sektor swasta sering memiliki kemampuan untuk menerapkan teknologi terbaik dan solusi yang berkelanjutan, serta mempercepat tindakan melalui kemitraan dan akses cepat terhadap pendanaan.

PT Mitra Mortar indonesia

Peran Sektor Swasta dalam Mewujudkan Solusi Iklim

Asosiasi bisnis Indonesia, termasuk Kadin, memiliki kesempatan untuk memobilisasi anggotanya dalam mendukung tindakan kolektif menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan tangguh.

Kadin, sebagai asosiasi bisnis terkemuka di Indonesia, dapat memanfaatkan pengaruh, keahlian, dan sumber daya yang dimilikinya untuk mendorong solusi iklim dan pembangunan berkelanjutan di berbagai sektor.

Menanggapi permintaan akan praktik bisnis yang bertanggung jawab dalam menghadapi krisis iklim, Kadin membentuk Satuan Tugas Keberlanjutan pada tahun 2022. Di bawah inisiatif ini, Kadin mempromosikan upaya menuju emisi nol, energi terbarukan, mobilitas listrik, pasar karbon, dan pengelolaan hutan yang berkelanjutan.

Pemerintah Inggris telah menjadi mitra dan pendukung yang kuat bagi Kadin. Mereka telah mendukung pendirian Kadin Regenerative Forestry Business Hub (RFBH), sebuah pusat layanan terpadu untuk membantu bisnis kehutanan dalam mencapai ambisi Omnibus Law dan Peraturan Kehutanan Serbaguna yang baru.

Tujuannya adalah memberikan pengetahuan, minat, dan insentif kepada pelaku usaha kehutanan di Indonesia untuk menerapkan praktik hutan yang berkelanjutan. Visi Kadin RFBH adalah mendukung bisnis kehutanan regeneratif agar dapat berkontribusi pada pembangunan sosial, ekonomi, dan ekologi negara, serta mencapai tujuan kehutanan dan NDC Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan