Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai dan UMKM Bersinergi dalam Mewujudkan Ekspor

0
132
Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai dan UMKM Bersinergi dalam Mewujudkan Ekspor
Mendorong Pertumbuhan Ekonomi, Bea Cukai dan UMKM Bersinergi dalam Mewujudkan Ekspor (Dok Foto: Bea Cukai)
Pojok Bisnis

UMKM memiliki peran yang vital dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bea Cukai, melalui unit-unitnya di berbagai wilayah, aktif mempromosikan ekspor bagi para pelaku UMKM.

“Di Indonesia, terdapat lebih dari 64 juta UMKM yang menyumbang sekitar 61% terhadap Produksi Domestik Bruto (PDB) nasional. Namun, meskipun memiliki potensi besar, UMKM menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan akses digital, kurangnya layanan keuangan, dan kesulitan dalam penetrasi pasar internasional.

Bea Cukai berusaha untuk membantu UMKM mengatasi tantangan ini dan mendorong kemajuan mereka,” ungkap Encep Dudi Ginanjar, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai.

Bea Cukai Malang Mengadakan Workshop “Export Business Pitching”

Salah satu unit Bea Cukai yang aktif mendukung UMKM dalam ekspor adalah Bea Cukai Malang. Pada bulan April 2024, mereka menyelenggarakan workshop “Export Business Pitching” yang diikuti oleh 12 UMKM siap ekspor. “Workshop ini merupakan respons atas kebutuhan UMKM. Mereka menyadari pentingnya kemampuan berkomunikasi dalam meyakinkan pembeli,” jelas Encep.

PT Mitra Mortar indonesia

Bea Cukai Malang bekerja sama dengan Carabicara Startup untuk menyelenggarakan workshop tentang komunikasi bisnis export, dengan menghadirkan Danar Indra, Pendiri & CEO Carabicara, dan Anggri Sartika, Pendiri & CEO Agronesian Startup. Para peserta UMKM diberikan pelatihan keterampilan komunikasi dan pemahaman tentang mekanisme pembayaran yang aman dalam bisnis ekspor.

Talkshow “Klinik Ekspor” di Bea Cukai Madura

Bea Cukai Madura juga melakukan upaya serupa dengan mengadakan talkshow bersama Radio Karimata FM dengan tema “Klinik Ekspor”. Encep menjelaskan bahwa Klinik Ekspor adalah program yang mendukung UMKM dalam ekspor dengan tujuan membantu mereka merealisasikan potensi ekspor mereka.

Dia menyatakan bahwa program tersebut memberikan edukasi, literasi, dan asistensi kepada UMKM, termasuk yang telah memiliki pengalaman dalam ekspor maupun yang baru memulai. Selain itu, mereka memberikan pemahaman tentang prosedur kepabeanan ekspor dan menawarkan solusi atas berbagai kendala yang dihadapi oleh UMKM.

Bea Cukai berharap bahwa upaya mereka dalam mengembangkan potensi ekspor UMKM akan memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM dan pada akhirnya meningkatkan nilai ekspor nasional.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan