Termasuk Parkir Liar! Apa Saja Hal Yang Menghambat Pertumbuhan UMKM?

0
181
Termasuk Parkir Liar! Apa Saja Hal Yang Menghambat Pertumbuhan UMKM?
Termasuk Parkir Liar! Apa Saja Hal Yang Menghambat Pertumbuhan UMKM? (Ilustrasi Foto Tempat Parkir, Dokumen Suara.com)
Pojok Bisnis

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian lokal maupun nasional. Namun, sering kali UMKM menghadapi tantangan dalam mempertahankan atau meningkatkan omzet bisnis mereka. Beberapa faktor dapat mempengaruhi penurunan omzet UMKM, dan salah satu di antaranya adalah parkir liar.

1. Parkir Liar

Parkir liar seringkali menjadi masalah bagi UMKM yang berlokasi di pusat-pusat keramaian. Keterbatasan ruang parkir yang resmi dapat mendorong pengunjung untuk memilih parkir sembarangan di sekitar area usaha, bahkan jika itu melanggar aturan atau merugikan bisnis lain. Hal ini dapat mengakibatkan pengunjung yang ingin singgah di UMKM kesulitan menemukan tempat parkir yang aman dan nyaman, sehingga mereka lebih memilih untuk menghindari berkunjung sama sekali.

2. Persaingan dari Bisnis Online

Bisnis online semakin berkembang pesat dengan adanya platform-platform e-commerce dan media sosial. Hal ini bisa menjadi tantangan bagi UMKM konvensional yang belum memiliki kehadiran digital yang kuat. Ketika konsumen lebih cenderung untuk berbelanja secara online karena kemudahan dan kenyamanannya, UMKM yang hanya mengandalkan penjualan offline dapat mengalami penurunan omzet secara signifikan.

3. Perubahan Gaya Hidup Konsumen

Perubahan dalam gaya hidup konsumen juga dapat berdampak pada penurunan omzet UMKM. Misalnya, jika gaya hidup masyarakat berubah menjadi lebih menyukai produk atau layanan yang lebih modern atau berorientasi pada kesehatan, UMKM yang tidak mampu menyesuaikan produk atau layanan mereka dengan tren tersebut dapat kehilangan pangsa pasar.

PT Mitra Mortar indonesia

4. Regulasi dan Perizinan

Terkadang, regulasi dan perizinan yang kompleks dan membingungkan dapat menjadi hambatan bagi UMKM untuk berkembang. Proses yang panjang dan birokratis dalam mendapatkan izin usaha baru atau memperbarui izin yang sudah ada dapat menguras waktu dan sumber daya, sehingga mengganggu operasional bisnis dan mengurangi fokus pada peningkatan omzet.

5. Ekonomi Makro

Faktor eksternal seperti kondisi ekonomi makro juga dapat berdampak pada kesehatan bisnis UMKM. Saat terjadi perlambatan ekonomi, konsumen cenderung lebih hemat dalam pengeluaran mereka, yang dapat mengurangi permintaan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan oleh UMKM.

Penurunan omzet UMKM bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk parkir liar, persaingan dari bisnis online, perubahan gaya hidup konsumen, regulasi dan perizinan yang rumit, serta kondisi ekonomi makro. Penting bagi UMKM untuk memahami dan mengatasi tantangan ini agar dapat bertahan dan berkembang di pasar yang kompetitif.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan