Whoosh Hadapi Tantangan Angkutan Lebaran 2024 dengan 52 Perjalanan Setiap Hari

0
169
Whoosh Hadapi Tantangan Angkutan Lebaran 2024 dengan 52 Perjalanan Setiap Hari
Whoosh Hadapi Tantangan Angkutan Lebaran 2024 dengan 52 Perjalanan Setiap Hari (Dok Foto: KCIC)
Pojok Bisnis

Kereta Cepat Whoosh akan menghadapi momen Libur Lebaran pertamanya di tahun 2024 setelah diluncurkan pada Oktober 2023. Untuk mempersiapkan diri, operator Whoosh, yaitu KCIC, telah meningkatkan jumlah jadwal perjalanan harian Whoosh sebesar 30 persen.

KCIC telah menetapkan periode Angkutan Lebaran dari tanggal 3 hingga 18 April 2024. Selama waktu tersebut, KCIC berencana untuk menjalankan 40 perjalanan rutin dengan Kereta Cepat Whoosh serta menambah 12 perjalanan tambahan.

Ini berarti bahwa Whoosh akan melayani sebanyak 52 perjalanan setiap harinya mulai tanggal 5 April 2024 untuk memfasilitasi kebutuhan penumpang selama masa Libur Lebaran.

Dengan peningkatan jumlah perjalanan, jarak antara keberangkatan Whoosh di jam sibuk menjadi 25 menit. Whoosh akan beroperasi dari pukul 06.40 hingga 20.30 WIB untuk rute Halim – Tegalluar dan pukul 05.50 hingga 20.30 WIB untuk rute Tegalluar – Halim. Hal ini memberikan penumpang lebih banyak pilihan jadwal perjalanan sesuai kebutuhan mereka.

PT Mitra Mortar indonesia

Peningkatan ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap lonjakan penumpang yang biasanya terjadi selama liburan panjang sebelumnya. Di samping peningkatan jadwal perjalanan Whoosh, KAI juga melakukan penambahan jadwal perjalanan untuk Kereta Feeder yang menuju Cimahi dan Bandung.

Selama masa angkutan Lebaran, pelayanan Restorasi di atas KA juga akan dioperasikan. Penumpang Whoosh akan dapat menikmati layanan restorasi di Kereta Makan yang nyaman dan unik.

Upaya Keselamatan dan Kenyamanan Selama Perjalanan

KCIC akan mengerahkan sekitar 524 petugas pengamanan per hari selama Libur Lebaran untuk memastikan keselamatan di stasiun, kereta, dan jalur lintas operasional Whoosh. Sebanyak 1.396 CCTV akan dipasang di sepanjang jalur kereta cepat dan stasiun sebagai bagian dari sistem pengendalian operasi (OCC) untuk memantau keamanan perjalanan Whoosh serta memberikan layanan dan keamanan kepada penumpang di stasiun.

Untuk meningkatkan pelayanan, sekitar 24 petugas tambahan akan berfungsi sebagai layanan pelanggan mobile di stasiun untuk memberikan bantuan dan informasi kepada penumpang. Selain itu, takjil gratis akan dibagikan kepada penumpang pada jadwal tertentu yang mendekati waktu berbuka puasa.

Selain itu, penumpang yang membeli tiket melalui aplikasi Whoosh dan situs web KCIC akan lebih mudah melakukan pembatalan dan perubahan jadwal secara online tanpa harus datang ke stasiun.

Kemudahan Akses dan Pemesanan

Selama angkutan Lebaran, KCIC tetap menerapkan tarif dinamis untuk kelas Premium Economy. Penumpang dapat memesan tiket melalui saluran resmi yang tersedia seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, mesin penjual tiket, dan loket resmi di stasiun serta melalui aplikasi mitra seperti Livin by Mandiri, BRImo, Access by KAI dan BNI Mobile Banking.

KCIC mengingatkan kepada penumpang untuk patuh terhadap ketentuan barang bawaan demi menjaga kenyamanan seluruh penumpang. Setiap penumpang diperbolehkan membawa hingga tiga barang dengan dimensi total tidak lebih dari 100cm x 30cm x 40cm dan berat maksimal 20kg.

Untuk memastikan aksesibilitas ke stasiun terpenuhi, KCIC telah berkoordinasi dengan operator intermoda lainnya untuk menyediakan angkutan lanjutan dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi. Layanan tersebut meliputi LRT Jabodebek, Commuterline, Bus TransJakarta, Bus Trans Metro Pasundan, Bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, shuttle, dan taksi.

Peningkatan pelayanan Whoosh juga termasuk kehadiran beragam tenant seperti minimarket, retail, coffe shop, dan restoran di area tunggu penumpang. Upaya lain untuk meningkatkan layanan sedang dikembangkan, termasuk Contact Center KCIC dan Program Keanggotaan yang akan segera diluncurkan.

Hingga saat ini, tanggal favorit masyarakat untuk keberangkatan adalah H-5 Lebaran, yaitu tanggal 5 April dan seterusnya. Penjualan tiket untuk tanggal dan jam favorit telah mencapai lebih dari 80%, namun jumlah ini masih dapat berubah seiring berlangsungnya penjualan tiket.

Dengan berbagai layanan tambahan yang ditawarkan, diharapkan perjalanan penumpang selama liburan Lebaran akan semakin nyaman.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan