Perikanan Indonesia Meraih Keberhasilan di Pameran Seafood Amerika

0
198
Perikanan Indonesia Meraih Keberhasilan di Pameran Seafood Amerika
Perikanan Indonesia Meraih Keberhasilan di Pameran Seafood Amerika (Dok Foto: kementerian kelautan dan perikanan)
Pojok Bisnis

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sukses mengangkat citra produk perikanan Indonesia di Seafood Expo North America (SENA) 2024 di Boston. Ajang ini berlangsung selama tiga hari dan menarik perhatian pembeli dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Belgia, Spanyol, Inggris, Prancis, Tiongkok, Arab Saudi, Korea Selatan, Peru, Chili, Taiwan, Hongkong, India, dan Australia.

Berbagai produk perikanan Indonesia, termasuk tuna loin, beku, dan saku, berhasil memikat minat pembeli. Nilai perdagangan selama acara tersebut mencapai USD58,47 juta, dengan tuna menyumbang USD29,50 juta atau 50,45% dari total transaksi tuna.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Budi Sulistiyo, menyatakan bahwa pengunjung SENA sangat tertarik dengan produk tuna Indonesia.

Selain tuna, komoditas lain seperti udang, cumi-cumi, sotong, gurita, kakap, baramundi, octopus, mahi-mahi, dan tilapia juga mendapatkan perhatian yang cukup besar dari para pembeli.

PT Mitra Mortar indonesia

Keanekaragaman Produk Ikan Dari Indonesia

Ini menunjukkan keanekaragaman dan kualitas produk perikanan Indonesia yang mampu bersaing di pasar internasional. Total nilai transaksi melampaui target awal sebesar USD50 juta.

Tidak hanya sebagai ajang pameran dan perdagangan, SENA 2024 juga menjadi momentum penting untuk memperkenalkan inisiatif Tahun Tuna Indonesia 2024 kepada dunia internasional.

KKP memfasilitasi paviliun Indonesia dengan 14 peserta eksportir yang menempati 16 booth di acara tersebut. Budi menjelaskan bahwa SENA 2024 menjadi platform penting untuk mempromosikan ikan tuna Indonesia, dengan 10 booth diisi oleh perusahaan yang memiliki produk tuna. Selain itu, ada juga acara terkait tuna seperti talkshow dan promosi yang berkelanjutan.

Budi menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung pencanangan Tahun Tuna Indonesia 2024 pada SENA 2024. Dia berharap hasil dari acara ini dapat membuka peluang lebih luas bagi produk perikanan Indonesia di pasar global.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono sebelumnya telah meresmikan Tahun Tuna Indonesia 2024 pada Peringatan Hari Ikan Nasional ke-10 di Jakarta. Melalui branding “safe, eco-friendly, dan sustainable” untuk seafood Indonesia, diharapkan dapat memperkuat sinergi antara para pemangku kepentingan dalam memperluas pasar baik di dalam maupun luar negeri.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan