Kunjungan Wakil Presiden Amerika ke Jakarta: Peran Penting dalam ASEAN

0
348
Wakil Presiden Amerika
Kunjungan Wakil Presiden Amerika ke Jakarta: Peran Penting dalam ASEAN
Pojok Bisnis

Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, telah memulai kunjungannya ke Indonesia pada Selasa (5/9/2023). Beliau, sebagai wakil perempuan pertama dalam negara adidaya ini, tiba di Jakarta untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) bersama mitra strategis seperti Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan AS.

Ini adalah kunjungan ketujuh Kamala Harris ke benua Asia dan yang kelima ke wilayah Asia Tenggara selama menjabat sebagai wakil Presiden Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Presiden Joe Biden.

Kamala Harris tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (5/9/2023) sekitar pukul 22.00 WIB dan disambut oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. Sebelum kunjungan ke Jakarta, Harris telah mengunjungi Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Beliau juga sebelumnya telah berkunjung ke Jepang dan Korea Selatan.

Para pemimpin ASEAN awalnya berharap Presiden Biden dapat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) KE-43 ASEAN bersama mitra dialognya, sebagaimana yang dilakukan Presiden AS ke-46 saat menghadiri KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, pada 13 November 2022. Namun, Presiden Biden akan langsung menuju New Delhi, India, untuk menghadiri KTT G-20 pada tanggal 9-10 September 2023.

Top Mortar gak takut hujan reels

Meskipun demikian, Washington tetap menganggap kawasan Indo-Pasifik dan ASEAN sebagai mitra strategis yang penting dalam kunjungan Kamala Harris ke Jakarta. Menurut Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, Harris sangat berfokus pada menjaga hubungan yang harmonis antara Washington dengan semua negara di kawasan Indo-Pasifik.

Hal ini terlihat dari jumlah kunjungan Harris ke negara-negara Asia dibandingkan dengan kunjungan ke benua lainnya.

Wapres Harris telah meninggalkan Washington pada Senin (4/9/2023) waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (5/9/2023) sekitar pukul 22.00 WIB. Kedatangannya disambut oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Beliau akan berada di Jakarta selama dua hari untuk mengikuti KTT ASEAN dan pertemuan dengan para kepala negara dan pemimpin pemerintahan yang mengikuti KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center pada tanggal 5-7 September 2023. Setelah itu, giliran Presiden Biden yang akan terbang ke New Delhi.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan