Top Mortar Gak Takut Hujan
Home Bisnis Kendaraan Listrik Jadi Moda Utama di KTT ASEAN 2023

Kendaraan Listrik Jadi Moda Utama di KTT ASEAN 2023

0
Kendaraan Listrik Jadi Moda Utama di KTT ASEAN 2023 (Dok: Menparekraf)

Kendaraan listrik akan menjadi moda utama yang digunakan selama KTT ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) tahun 2023 di Jakarta Convention Center, 5-7 September 2023. Kehadiran ratusan produk kendaraan ramah lingkungan ini adalah hasil dari partisipasi ekosistem industri otomotif dalam negeri.

Penggunaan kendaraan listrik sebagai moda transportasi resmi kegiatan internasional di Indonesia juga merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia dalam upaya mengurangi penggunaan energi fosil dan beralih ke energi terbarukan.

Keterlibatan produsen otomotif nasional dalam acara internasional seperti KTT ASEAN 2023 ini adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya, pada KTT ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat, 9-11 Mei 2023, dan dilanjutkan di KTT G-20 di Nusa Dua, Bali, 15-16 November 2022.

Empat produsen mobil nasional, yaitu PT BMW Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), PT Toyota Astra Motor (TAM), dan Wuling Motors, bekerja sama dengan menyediakan unit kendaraan roda empat mereka sebagai armada operasional dalam KTT ke-43 ASEAN di Jakarta.

PT BMW Indonesia telah menyerahkan 36 unit produk terbaru mereka, BMW i7 xDrive60 Grand Lusso, kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Penyerahan dilakukan oleh Senior Vice President Sales Region Asia-Pacific, Eastern Europe, Middle East, and Africa, Jean-Philippe Parain di Jakarta pada 6 Juni 2023.

Jodie O’tania dari Corporate Communications Department BMW Indonesia mengungkapkan bahwa semua unit mobil dapat mengisi daya baterai hingga 80 persen dalam waktu hanya 34 menit.

Mobil-mobil ini sekarang berada di Komplek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, yang merupakan lokasi utama KTT ke-43 ASEAN 2023.

Pihak BMW Indonesia juga memberikan pelatihan khusus kepada prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan mengemudikan mobil-mobil buatan Jerman tersebut.

Selain itu, HMID juga menyumbangkan 74 unit IONIQ 6 dan 272 unit Hyundai IONIQ 5 untuk keperluan KTT ke-43 ASEAN 2023. Penyerahan dilakukan selama Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 di Tangerang, Banten, pada 11 Agustus 2023.

Unit IONIQ 6 akan digunakan sebagai kendaraan resmi delegasi VVIP, sementara IONIQ 5 akan menjadi kendaraan protokol, keamanan, penyelamatan, dan operasional panitia nasional.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, sebagaimana dikutip dari siaran pers HMID, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari produsen mobil asal Korea Selatan ini untuk KTT ASEAN.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Hyundai Motors Indonesia atas dukungan mereka untuk KTT ke-43 ASEAN 2023, setelah sebelumnya pada KTT ASEAN di Labuan Bajo dan KTT G-20 di Bali,” ujar Setya.

Exit mobile version