Jokowi Meresmikan Jembatan Kretek II untuk Meningkatkan Akses Pasar

0
5885
Jembatan Kretek II
Jokowi Meresmikan Jembatan Kretek II untuk Meningkatkan Akses Pasar
Pojok Bisnis

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peresmian Jembatan Kretek II di Kapanewon Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (2/6/2023). Jembatan ini merupakan proyek megah yang dibiayai sebesar Rp364 Miliar.

Jokowi menjelaskan bahwa Jembatan Kretek II memiliki peran penting sebagai penghubung Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) atau pansela yang menghubungkan daerah Parangtritis dengan Samas. Terletak di atas Sungai Opak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, jembatan ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat serta pergerakan barang.

“Jalan lintas Selatan ini akan menghubungkan ujung Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur, dan diperkirakan akan selesai tahun ini. Tinggal kurang 14 KM di Daerah Istimewa Yogyakarta dan 24 KM di Jawa Timur, maka seluruhnya akan terhubung,” ujar Jokowi melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Kecepatan Mobilitas

Jokowi juga menambahkan bahwa Jembatan Kretek (II) memiliki panjang 556 meter dengan empat jalur. Diharapkan dengan adanya jembatan ini, kecepatan mobilitas baik orang maupun barang dapat meningkat.

PT Mitra Mortar indonesia

“Dengan adanya jalur ini, diharapkan logistik, mobilitas masyarakat, dan pergerakan barang akan lancar. Produk-produk dari Jawa bagian Selatan juga diharapkan dapat bersaing dengan baik di pasar, sehingga dapat meningkatkan daya saingnya,” ungkap Jokowi.

Jembatan Kretek II merupakan salah satu proyek dari Kementerian PUPR yang memiliki total panjang 2,6 kilometer. Proses pembangunannya dimulai sejak tahun 2021 dan telah menjalani uji fungsi sejak 31 Januari 2023. Dalam perencanaannya, Kementerian PUPR telah mempertimbangkan fakta bahwa Jembatan Kretek 2 berada di wilayah Sesar Aktif Opak yang memiliki potensi bencana gempa bumi, sehingga dirancang agar mampu menahan guncangan gempa.

Manfaat Untuk Masyarakat

Peresmian Jembatan Kretek II ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat DIY dan sekitarnya. Selain meningkatkan konektivitas antarwilayah, jembatan ini juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dengan memperlancar distribusi barang dan meningkatkan aksesibilitas bagi penduduk setempat.

Dengan diresmikannya Jembatan Kretek 2, diharapkan dapat mendorong perkembangan sektor pariwisata, perdagangan, dan industri di wilayah DIY. Selain itu, proyek ini juga menjadi bukti komitmen pemerintah dalam memajukan infrastruktur yang dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan