Menteri PPN/Bappenas Apresiasi Pembangunan di Sumatera Barat

0
7
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Suharso Monoarfa (Dok: Merdeka.com)

Sumatera Barat – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyambut baik proses pembangunan yang dilaksanakan di wilayah Sumatera Barat.

Menurutnya, perencanaan dan pembangunan di Sumatera Barat cukup tertata dan sesuai dengan perencanaan pembangunan nasional. Ia mengaku akan mendukung proses pembangunan di Sumatera Barat

“Bappenas mendukung dan mengarahkan pembangunan jalan layang atau fly over Sitinjau Lauik demi keselamatan jalan dan kelancaran jalur logistik. Dengan tahap pelaksanaan penyiapan desain dan pengadaan lahan di 2021 sampai 2022 lalu diteruskan konstruksi di 2021.

Direncanakan pendanaan bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara atau SBSN,” ujar Menteri Suharso di salah satu lokasi blackspot Sitinjau Lauik, Kamis, 8/4/2021.

Dalam kurun waktu lima tahun, tepatnya 2016-2020, jumlah kecelakaan pada jalur Sitinjau Lauik mencapai 50 kejadian dengan korban meninggal dunia 4-5 jiwa per tahun. Sebagai mitigasi jangka pendek Kementerian PPN/Bappenas akan berkoordinasi dengan sejumlah kementerian/lembaga untuk implementasi pencegahan dan penanganan korban kecelakaan lalu lintas di Sitinjau Lauik.

Kementerian PPN/Bappenas mendorong upaya perbaikan wilayah meliputi penanganan geometrik dan perbaikan kondisi jalan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, penyediaan kelengkapan keselamatan jalan dan rekayasa lalu lintas oleh Kementerian Perhubungan, penertiban dan penegakkan hukum bagi pengguna jalan termasuk road overloading oleh Korlantas POLRI, hingga penanganan cepat bagi korban kecelakaan oleh Kementerian Kesehatan.