Transaksi Trade Expo Virtual Capai USD 2 Juta

0
10

Pameran dagang Trade Expo Indonesia Virtual Event (TEI-VE) 2020, program misi pembelian berhasil mencatatkan kontrak dagang sebesar 2 juta dolar AS. Kontrak tersebut berasal dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara PT Rodamas Inti International dari Indonesia dan Fok Hing (HKO Trading Ltd) dari Hongkong, dengan komoditas bumbu makanan.

“Kami sangat mengapresiasi seluruh perusahaan yang melakukan transaksi melalui program misi pembelian di TEI-VE. Hal itu merupakan bentuk nyata kontribusi mereka terhadap peningkatan ekspor nasional,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan lewat keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Penandatanganan turut disaksikan Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Tuti Prahastuti dan dilaksanakan secara virtual. Hingga hari ketiga, jumlah penandatangan MoU telah mencapai 27 perjanjian yang berasal dari sembilan negara. Sedangkan, untuk total capaian transaksi misi pembelian, tercatat sebesar 478 juta dolar AS.

Nilai tersebut terdiri dari transaksi investasi sebesar 100 juta dolar AS dari Jepang serta jumlah perdagangan sebesar 378 juta dolar AS.Tuti menambahkan Kementerian Perdagangan akan terus berupaya menggenjot ekspor melalui berbagai kegiatan di TEI-VE. Termasuk dengan mendukung setiap misi pembelian yang dilakukan setiap perusahaan.

“Dengan nilai transaksi yang terus naik setiap harinya, kami harap kegiatan tersebut mampu menjadi pendorong dalam upaya peningkatan ekspor nasional, terutama di masa pandemi ini,” pungkas Tuti.

Pameran dagang Trade Expo Indonesia Virtual-Exibition (TEI-VE) 2020 resmi dibuka di tengah pandemi COVID-19 oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dengan mengangkat tema “Sustainable Trade in Digital Era”.

Pameran dagang virtual yang berlangsung 10 – 16 November 2020 bertujuan untuk meningkatkan promosi produk buatan dalam negeri ke pasar global serta mengembangkan jejaring bisnis.