Kolaborasi Fintech Do-It dan AIQQON Dorong Jutaan UMKM Go Digital

0
39
Dok PT Glotech Vista Prima (Do-It)

 

Tidak dipungkiri bahwa UMKM di Indonesia kini berkembang cepat, menyerap sekiar 96% tenaga kerja dan berkontribusi 60% terhadap PDB. Namun demikian, pelaku UMKM sering mengalami kendala dalam hal menerima pembayaran elektronik termasuk melalui kartu kredit maupun kartu debit.

Kendala ini turut menjadi perhatian dari PT Glotech Vista Prima (Do-It) sebagai salah satu perusahaan fintech P2P lending asal Indonesia, yang per bulan Agustus 2019 telah menyalurkan kredit modal kerja bagi 100.000 pengguna di sektor produktif.

Sejalan dengan tujuannya untuk mendukung pelaku UMKM se-Nusantara tidak hanya melalui penyaluran modal melainkan juga melalui pengembangan ekosistem yang lebih lengkap, Do-It kini menghadirkan solusi pembayaran elektronik secara non-tunai (payment digital solution) yang diharapkan dapat semakin memajukan penggunanya dalam usaha mereka.

Tepatnya, terobosan tersebut dilakukan dengan menggandeng PT AIQQON Triarta Mas (AIQQON) sebagai solusi payment aggregator untuk memajukan para pelaku UMKM di tanah air. Cukup dengan mengunduh dan mengisi aplikasi AIQQON di smartphone masing-masing, pengguna Do-It dapat langsung menerima pembayaran dari kartu kredit, kartu debit ataupun uang elektronik ternama lainnya.

“Dengan demikian, para UMKM tidak perlu memiliki mesin electronic data capture (EDC) sekaligus mendapat kemudahan untuk menerima semua jenis pembayaran lainnya cukup dalam satu platform,” papar Thomas Nugroho, founder AIQQON.

Thomas Nugroho menilai Do-It sebagai mitra yang tepat untuk sama-sama memajukan UMKM di Indonesia melalui pengajuan kredit yang mudah, proses verifikasi cepat dan tingkat bunga yang kompetitif.

“Kerja sama Do-It dengan AIQQON merupakan komitmen kami memajukan para pengguna di sektor produktif. Kini pengguna Do-It dapat menggunakan AIQQON untuk menerima pembayaran dari kartu kredit, kartu debit maupun uang elektronik dalam satu aplikasi saja,” ungkap Jennifer Claudia, Chief Executive Officer Do-It.

“Hal ini juga sejalan dengan tujuan Pemerintah untuk mendorong perkembangan sistem pembayaran digital, dengan target sebanyak 8 juta UMKM sudah menggunakan layanan digital pada tahun 2020 mendatang,” tambahnya.

Sebagai informasi, para pengguna AIQQON tidak dikenakan biaya langganan ataupun biaya pendaftaran, sehingga solusi ini benar-benar memberikan manfaat bagi UMKM baik dari segi biaya maupun kemudahan.

Do-It sendiri selain menjalin kerjasama dengan AIQQON, berupaya untuk terus mendorong masyarakat Indonesia menjadi lebih produktif melalui berbagai upaya di beragam provinsi. Mulai dari pinjaman modal yang digabung dengan produk asuransi untuk para petani kecil yang bertujuan melindungi peminjam dari kemungkinan gagal panen, hingga penyuluhan bagi komunitas wanita pengrajin, Do-It terus-menerus mencari cara agar masyarakat Indonesia dapat lebih produktif untuk hidup makmur sejahtera.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.