Melepas Jerat Utang Pinjaman Online

0
885
Pinjaman online (dok kompasiana.com)
Pojok Bisnis

Menjamurnya bisnis yang menawarkan pinjaman online banyak menjerat banyak orang yang tidak bisa membayarnya. Dengan bunga yang sangat besar membuat utang yang harus dibayar berkali-kali lipat dari pokok pinjaman itu sendiri.

Untuk utang, jika memang bunga yang dikenakan tidak sebanding dengan keuntungan yang diterima, ada baiknya agar Anda berusaha melunasinya segera. Apalagi untuk kasus Anda. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tidak menambah utang lagi bagaimanapun caranya.

Pasti Anda bingung, bagaimana mau bayar lunas padahal tiap hari saja Anda tidak bisa bayar cicilan? Anda bisa mengusahakan untuk meminjam pada pihak-pihak yang lebih longgar ketentuannya terutama dalam waktu dan besaran bunganya. Misalnya pinjam ke saudara.

Anda bisa mengembalikan tanpa perlu ada kelebihan sama sekali, namun cara pembayarannya tetap seperti saat Anda membayar pada bank keliling yaitu dicicil tiap hari dalam jumlah yang fixed (tetap). Tapi Anda juga perlu berkomitmen tinggi. Jangan mentang-mentang itu adalah saudara lalu Anda sengaja tidak bayar, pura-pura lupa atau bahkan selalu menunda. Itu namanya tidak bertanggung jawab. Cara lainnya adalah Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual/menggadai barang berharga Anda yang tidak produktif.

Top Mortar gak takut hujan reels

Kalau memang opsi untuk melunasi utang benar-benar tertutup, pada dasarnya pinjaman online memungkinkan untuk reschedule pembayaran. Jadi Anda bisa minta keringanan agar tagihan. Tentu saja ini akan berakibat pada masa pembayaran yang akan semakin lama dan bunga yang dibayarkan akan jauh lebih besar. Karena itu, reschedule ini sebaiknya tidak dilakukan, bisa-bisa nanti utang Anda tidak lunas-lunas.

Yang manapun pilihan Anda, semua tetap perlu dihitung dan dipertimbangkan baik-baik. Karena masalah pelunasan/keringanan utang ini bukan hal yang sederhana. Jangan sampai Anda salah mengambil langkah malah terjebak pada utang yang lebih besar. Semoga cukup memberikan pencerahan.

 

Oleh: Rakhmi Permatasari

Perencana Keuangan Safir Senduk & Rekan

E-mail: ssrekan@perencanakeuangan.com

 

 

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.