Bank Mandiri Perkenalkan Kartu Debit Berlogo GPN kepada Nasabah

0
1056
Peluncuran kartu Mandiri Debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). (Hana Adi Perdana/JawaPos.com)

Berempat.com – PT Bank Mandiri baru saja memperkenalkan kartu debitnya yang berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) kepada nasabah. Tujuan diterbitkannya kartu debit ini sebagai upaya Bank Mandiri dalam meningkatkan efisiensi dan menekan biaya transaksi antarbank.

Namun, di tahun ini Bank Mandiri membatasi penerbitan kartu debit berlogo GPN tersebut hanya tiga juta unit.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi berharap, kehadiran kartu Mandiri debit berlogo GPN ini dapat menciptakan ekosistem sistem pembayaran nasional yang saling interkoneksi, interoperabilitas, dan mampu melaksanakan pemrosesan transaksi, baik otorisasi, kliring maupun setelmen secara domestik.

“Inisiatif ini juga menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung Bank Indonesia merealisasikan GPN untuk sistem pembayaran yang lebih efisien dan lebih murah dibandingkan dengan penggunaan kartu berlogo prinsipal luar negeri,” ujar Hery saat peluncuran Kartu Mandiri Debit Berlogo GPN di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (9/4).

Lebih lanjut, kartu Mandiri debit berlogo GPN ini akan menjadi kartu utama yang ditawarkan Bank Mandiri kepada nasabah pada saat pembukaan rekening atau penggantian kartu. Kemudian, kartu ini pun dapat digunakan untuk transaksi domestik, baik menggunakan mesin EDC milik Bank Mandiri maupun EDC Bank lain yang sudah terimplementasi GPN.

Menurut Hery, bagi nasabah yang ingin membuat kartu Mandiri debit berlogo GPN ini dapat melakukannya di seluruh cabang Bank Mandiri. “Pembuatan kartu Mandiri debit berlogo GPN dapat dilakukan nasabah di seluruh cabang Bank Mandiri,” jelas Hery.

Peluncuran kartu Mandiri debit berlogo GPN ini diharapkan Hery sebagai langkah awal dalam memperkenalan kartu berlogo nasional kepada masyarakat Indonesia. Selain itu juga sebagai pemersatu seluruh transaksi antarbank di Indonesia demi mewujudkan kedaulatan ekonomi Indonesia.

Bahkan, Hery mengklaim bila inklusi keuangan di masyarakat Indonesia dapat meningkat dengan diterbitkannya kartu Mandiri debit berlogo GPN tersebut. “Tak hanya itu, bisa juga menciptakan cashless society,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.