7 Tips Bijak Mengelola Keuangan Saat Libur Lebaran: Hemat Tanpa Mengurangi Kenikmatan

0
183
7 Tips Bijak Mengelola Keuangan Saat Libur Lebaran: Hemat Tanpa Mengurangi Kenikmatan
7 Tips Bijak Mengelola Keuangan Saat Libur Lebaran: Hemat Tanpa Mengurangi Kenikmatan
Pojok Bisnis

Banyak orang menantikan kedatangan Libur Lebaran sebagai kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakan hari raya. Namun, seringkali momen ini juga diiringi dengan pengeluaran yang besar, mulai dari keperluan kue kering hingga kebutuhan untuk mudik. Agar liburan Lebaran tetap menyenangkan tanpa harus khawatir dengan keuangan, berikut beberapa tips dari berempat.com yang dapat membantu Anda mengelola keuangan dengan bijak.

  1. Rencanakan dari jauh-jauh hari

Rencanakan mudik sejak jauh-jauh hari. Tentukan transportasi yang akan digunakan, seperti pesawat, kereta api, atau transportasi umum lainnya. Hal ini penting apalagi untuk kamu yang harus memakai transportasi umum, di mana tiket sangat cepat habis terjual atau harganya yang akan naik jika dibeli mendekati hari keberangkatan. Selain itu, jika direncanakan dari sebelumnya, kamu juga bisa menabung untuk mempersiapkan keuanganmu untuk keperluan mudik.

  1. Manfaatkan THR atau bonus hari raya

Sebagian besar dari kita sedang menantikan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR). Agar tidak mengganggu stabilitas keuangan sehari-harimu, manfaatkan THR atau bonus hari raya lainnya untuk biaya mudik. Jika jumlahnya tidak mencukupi, menambahkan dari tabungan tidak akan memberikan beban yang terlalu berat.

  1. Buat perencanaan pengeluaran selama mudik

Makanan yang sudah lama tidak kita rasakan, banjir diskon di pusat perbelanjaan, dan masih banyak keperluan lainnya yang mungkin harus dikelola. Perencanaan pengeluaran selama mudik dapat membantu mengelola keuangan dengan lebih baik.

PT Mitra Mortar indonesia
  1. Lakukan pemeriksaan keuangan

Setelah lebaran, hal yang harus kamu lakukan adalah mencari peluang untuk menambah pendapatan. Cari peluang tambah pendapatan dari pekerjaan sampingan atau mencari pekerjaan baru yang menawarkan gaji lebih tinggi.

  1. Tunda pengeluaran yang tak perlu

Memulihkan anggaran setelah lebaran memang susah-susah gampang. Kamu bisa menunda pengeluaran yang tak perlu sampai keuanganmu stabil kembali.

  1. Segera lunasi semua utang

Segera lunasi semua utang yang ada, seperti utang kredit pribadi, kredit kartu kredit, atau utang paylater, agar tidak menumpuk keuanganmu.

  1. Hitung dana yang masih ditabung

Setelah lebaran, hitung dana yang masih dimiliki, jika ada penghasilan tambahan, segera catat.

  1. Periksa kembali catatan pengeluaran

Setelah lebaran, periksa kembali semua catatan pengeluaran yang ada, seperti pembelian baju, hidangan untuk keluarga, kebutuhan dapur, mudik, atau bagi-bagi amplop.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih bijak saat Libur Lebaran tiba. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H dan semoga Liburan Lebaran Anda berjalan lancar tanpa khawatir tentang masalah keuangan.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan