Peran Signifikan AgenBRILink dalam Meningkatkan Akses Keuangan di Daerah Terpencil

0
141
AgenBRILink
Peran Signifikan AgenBRILink dalam Meningkatkan Akses Keuangan di Daerah Terpencil (Ilustrasi Foto Agen BRILink: Dok Detik)
Pojok Bisnis

Kebutuhan finansial di daerah pelosok Indonesia semakin meningkat sejalan dengan upaya pemerataan dan inklusi keuangan. Dalam konteks ini, peran AgenBRILink menjadi krusial untuk menyediakan akses dan layanan keuangan formal kepada masyarakat.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjalankan tanggung jawab ini melalui jaringan AgenBRILink, terutama di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal).

Pada tahun 2023, AgenBRILink mencatat pertumbuhan yang signifikan, baik dalam jumlah agen maupun volume transaksi. Awal tahun 2023 dimulai dengan lebih dari 627 ribu agen, dan pada akhir Desember 2023, jumlahnya melonjak menjadi lebih dari 740 ribu agen.

Artinya, terdapat penambahan lebih dari 100 ribu agen baru selama tahun tersebut, melampaui target awal yang ditetapkan BRI.

Top Mortar Semen Instan

Direktur Utama BRI, Sunarso, menargetkan penambahan 25 ribu agen pada akhir 2023, namun kenyataannya jumlah agen bertambah 5 kali lipat dari target tersebut.

Peningkatan Jumlah Volume Transaksi AgenBRILink

Pencapaian gemilang juga terlihat dalam volume transaksi AgenBRILink, mencapai lebih dari Rp1,4 Kuadriliun selama 2023, meningkat dari periode tahun sebelumnya.

Sunarso menyampaikan bahwa angka fantastis ini mencerminkan komitmen BRI dalam mempercepat akses produk perbankan di masyarakat, terutama di daerah. Transformasi keuangan yang dilakukan AgenBRILink cenderung digital, memperkuat keterjangkauan layanan perbankan bagi masyarakat.

Strategi hybrid bank, yang menggabungkan pengembangan digitalisasi dan pelayanan konvensional, dianggap sebagai keberhasilan dalam meningkatkan akses masyarakat di daerah terhadap produk perbankan. BRI dan BRI Group berencana membuka peluang baru bagi produk lain selain tabungan melalui pengembangan hybrid bank.

AgenBRILink hadir untuk melayani kebutuhan masyarakat, bahkan selama hari libur. Fitur-fitur yang disediakan mencakup pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta berbagai transaksi lainnya.

Pengembangan terus dilakukan, memungkinkan AgenBRILink menyediakan layanan tambahan seperti penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher games, dan layanan perjalanan seperti pembelian tiket bus, shuttle, dan ferry. Ini menjadi langkah nyata dalam memaksimalkan layanan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan