Pasar Kripto Menguat! ETF Bitcoin Spot Resmi Beredar di AS

0
148
ETF Bitcoin
Pasar Kripto Menguat! ETF Bitcoin Spot Resmi Beredar di AS
Pojok Bisnis

Beberapa broker ritel terbesar sedang berupaya untuk memungkinkan investor lokal mengakses Exchange Traded Funds (ETF) harga spot bitcoin yang diluncurkan di Amerika Serikat setelah disetujui oleh Securities and Exchange Commission (SEC).

Keputusan panjang dinantikan untuk produk kontroversial ini, yang sebelumnya ditolak oleh regulator pasar, diperkirakan akan meningkatkan minat pada cryptocurrency. Bursa lokal melaporkan bahwa volume perdagangan untuk bitcoin dan mata uang lainnya telah lebih dari dua kali lipat pada hari Kamis, meskipun harganya tetap stabil.

Keputusan SEC berarti lembaga keuangan besar, termasuk BlackRock, Grayscale, VanEck, Franklin Templeton, Fidelity, dan enam lainnya, akan diizinkan untuk menerbitkan surat berharga yang terkait dengan pergerakan harga cryptocurrency yang berusia 15 tahun itu. ETF spot baru ini dijadwalkan mulai diperdagangkan di Bursa Efek New York dan Nasdaq pada malam Kamis.

Commonwealth Bank dan perusahaan broker lebih kecil seperti Stake dan SuperHero mengatakan kepada The Australian Financial Review bahwa pelanggan yang telah mengaktifkan perdagangan internasional di akun mereka kemungkinan akan dapat mengakses produk surat berharga baru di AS dalam beberapa hari ke depan.

Top Mortar Semen Instan

“Kami saat ini sedang meninjau surat berharga baru ini dengan tujuan membuatnya tersedia bagi pelanggan,” kata juru bicara CBA.

Namun, National Australia Bank – yang mengoperasikan platform nabtrade yang populer – mengatakan masih mempertimbangkan apakah akan mencantumkan ETF tersebut.

“Tidak ada alasan mengapa kami tidak akan mencantumkannya seperti ETF lainnya,” kata CEO SuperHero. “Sudah ada opsi tipe derivatif lainnya, tetapi ini benar-benar membuka sebagai produk keuangan.”

Penasihat keuangan, yang telah lama mendapatkan permintaan dari klien tentang cara terbaik untuk mendapatkan akses aman ke bitcoin, juga bersiap menghadapi gelombang minat, meskipun masih ada ketidakpastian tentang bagaimana regulasi untuk berinvestasi dalam cryptocurrency diatur di Australia.

Regulasi yang Telah Lama di Tunggu

Penggunaan dan investor ritel telah lama menunggu cara untuk mendapatkan paparan bitcoin tanpa perlu mengelola kunci kriptografi, dompet bitcoin, atau berinteraksi dengan bursa kripto yang tidak diatur.

“Ini memberikan jalur masuk bagi modal institusional yang telah diidamkan oleh bitcoin selama bertahun-tahun, dengan investor ritel pada umumnya sudah memiliki aset ini,” kata Josh Gilbert, analis pasar di eToro, perusahaan broker online.

“Persetujuan hari ini adalah momen bersejarah bagi bitcoin dan cryptocurrency secara umum,” kata Jonathon Miller, direktur manajemen Kraken Australia, bursa cryptocurrency. “Sebuah ETF membuat bitcoin dapat diakses oleh jangkauan investor yang jauh lebih luas dan menandakan pengakuan diam-diam bahwa kelas aset kripto akan bertahan.”

Bursa Efek New York, Nasdaq, dan Cboe Global Markets semua telah mendapatkan izin untuk mencantumkan ETF spot-bitcoin. BlackRock, Fidelity, dan Grayscale sudah mengumumkan rencana biaya mereka untuk investor, menandai dimulainya pertempuran sengit untuk menarik uang investor ke kelas aset baru ini.

Namun, ketua SEC, Gary Gensler, memperingatkan bahwa persetujuan tersebut tidak mencerminkan penerimaan lebih luas terhadap cryptocurrency oleh regulator. Dia mencatat bahwa aset dasar dari dana yang diperdagangkan di bursa lain, seperti logam, memiliki penggunaan konsumen dan industri.

“Sebaliknya, bitcoin pada dasarnya adalah aset spekulatif dan volatil yang juga digunakan untuk aktivitas ilegal termasuk ransomware, pencucian uang, pelanggaran sanksi, dan pendanaan teroris,” katanya. “Meskipun kami menyetujui penawaran dan perdagangan saham bitcoin spot tertentu hari ini, kami tidak menyetujui atau mendukung bitcoin.”

Kripto Kompak Hijau!

Harga bitcoin mencapai lebih dari $47.000 dan ethereum melonjak lebih dari 10 persen. Swyftx, bursa kripto lokal, mengatakan volume perdagangan awal telah melonjak lebih dari 80 persen sementara volume perdagangan bitcoin di bursa itu pada kuartal keempat hampir dua kali lipat dari periode tahun sebelumnya.

“Investor lokal jelas percaya bahwa persetujuan ETF adalah peristiwa bersejarah yang akan mendorong permintaan tambahan yang signifikan,” kata Jason Titman, chief operating officer Swyftx.

“Anda tidak perlu menjadi pengguna bitcoin yang ada untuk memahami pentingnya mengendalikan tempat di portofolio Wall Street. Kami pikir tidak mungkin pasar akan terguncang dalam semalam, tetapi sinyal-sinyal ini penting dan ini adalah suara keyakinan institusional yang signifikan dalam masa depan aset digital.”

Independent Reserve, bursa lainnya, juga mengkonfirmasi bahwa volume perdagangan telah melonjak dua kali lipat sepanjang hari Kamis saat investor mencerna berita tersebut. Keputusan ini datang setelah beberapa bulan intens lobi industri. Fokusnya adalah pada ETF harga spot, yang berarti lembaga secara langsung memegang bitcoin, daripada kontrak derivatif yang terikat pada harga bitcoin.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan