DBS Kembali Dipilih Sebagai Bank Terbaik Dunia versi Global Finance

0
73
Dbs (dok .dbs.com)

DBS diakui sebagai Bank Terbaik di Dunia untuk tahun ketiga berturut-turut, mengukuhkan keberadaannya, yang terus menguat, di antara bank terkemuka di dunia. Penghargaan bank terbaik di dunia itu diberikan oleh penerbit keuangan Global Finance, yang bermarkas di New York, yang menobatkan DBS sebagai Bank Terbaik di Dunia untuk kali kedua dalam tiga tahun ini di ajang Penghargaan Bank Terbaik di Dunia 2020.

Penghargaan itu mengukuhkan kepemimpinan dan kedudukan DBS di komunitas keuangan global dalam merumuskan masa depan perbankan dan tekadnya memberikan lebih dari sekadar layanan perbankan untuk menciptakan masa depan berkelanjutan.

DBS dinobatkan pertama kalinya oleh Global Finance sebagai Bank Terbaik di Dunia pada 2018 dan sebagai Bank Global tahun ini oleh The Banker, penerbitan milik Financial Times, pada tahun sama. Pada 2019, DBS memperoleh gelar Bank Terbaik di Dunia dari terbitan keuangan terkemuka Euromoney. Gelar Global Finance 2020 menandai tahun ketiga DBS memperoleh anugerah Bank Terbaik sedunia secara berturut-turut.

Joseph D. Giarraputo, penerbit dan direktur redaksi Global Finance, menyatakan, “Pada tahun ini, pandemi menjungkirbalikkan perdagangan dan membuat estimasi menjadi lebih sulit, tetapi bisnis harus terus berjalan. Bank DBS adalah contoh bank yang siap menghadapi lonjakan permintaan layanan perbankan digital selama pandemi. Dalam satu dasawarsa terakhir, mereka berinvestasi secara besar-besaran untuk mewujudkan transformasi digital dan menciptakan budaya perbankan inklusif serta efisien. Berbagai investasi tersebut membuahkan hasil di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini. Mereka telah memperkuat ketahanan bank dan membantu melayani nasabah saat mereka berada dalam kesulitan.”

Piyush Gupta, CEO Bank DBS, menyatakan, “Suatu kehormatan bagi kami terpilih sebagai Bank Terbaik di Dunia untuk tahun ketiga berturut-turut. Seperti diketahui, Covid-19 adalah krisis generasi kita. Dalam masa sulit ini, kami menyadari peran terpadu perbankan dalam menopang karyawan, nasabah, dan masyarakat lebih luas. Kami merasa tersanjung dengan pengakuan terhadap upaya kami, terutama dalam hal bagaimana investasi digital serta budaya inklusif kami, memungkinkan kami melayani nasabah saat mereka menghadapi kesulitan. Hal ini menggarisbawahi fokus kami secara keseluruhan sebagai bank yang digerakkan oleh tujuan berkesinambungan, melakukan hal nyata untuk masyarakat nyata dan perekonomian nyata (doing real things for real people for real economies).”

Secara terpisah, DBS juga dinobatkan oleh perusahaan konsultan strategi merek dan valuasi terkemuka, Brand Finance, sebagai Merek Paling Bernilai di Singapura untuk kali kedelapan, dalam laporan “100 Merek Terbaik Singapura” pada 2020. DBS menempati urutan pertama untuk pemeringkatan 2020 dengan nilai merek sebesar USD8,47 miliar. Pada awal tahun ini, DBS dinobatkan sebagai Merek Bank Paling Bernilai di ASEAN untuk kali kedelapan dalam laporan “Perbankan 500” pada 2020 oleh Brand Finance.

Samir Dixit, Managing Director, Brand Finance Asia-Pacific, mengatakan, “DBS adalah bisnis sangat berfokus pada merek dan itulah yang akan menjadi kekuatan utama mereka untuk pertumbuhan nilai berkelanjutan. Dorongan digital mereka, yang dimulai paling awal, mendudukkan mereka pada tempat strategis selama wabah Covid-19 ketika penawaran digital dan daring menjadi kunci untuk layanan nasabah. Pada saat ketidakpastian ekonomi sangat besar secara global, kunci untuk mempertahankan nilai pemegang saham adalah aset tidak berwujud, seperti pencitraan merek, dan DBS berada dalam posisi kuat dengan merek mereka.”