Pendapatan MNC Kapital 2019 Naik Tipis Jadi Rp2,66 Triliun

0
303
Pojok Bisnis

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (“RUPST”) PT MNC Kapital Indonesia Tbk (“BCAP” atau “Perseroan”) yang berlangsung hari ini, 27 Juli 2020, menyetujui Laporan Tahunan dan mengesahkan Laporan Keuangan Tahunan Konsolidasian BCAP tahun buku 2019, serta menerima baik laporan pengurusan Direksi dan tugas pengawasan Dewan Komisaris Perseroan tahun buku 2019.

Pada tahun 2019 Perseroan mencatat pendapatan konsolidasi sebesar Rp2,74 triliun, meningkat 2,8% dari periode tahun lalu di Rp2,66 triliun. Kontributor pendapatan terbesar yaitu MNC Bank, menghasilkan 47,7% dari total pendapatan konsolidasi, diikuti kemudian oleh MNC Finance 17,6%, MNC Life 13,7%, MNC Insurance 8,1%, MNC Leasing 6,5%, MNC Sekuritas 5,4%, and MNC Asset Management 1,0%. Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp56,5 miliar di tahun 2019.

RUPST kali ini juga menyetujui pengangkatan Samuel Mulyono dan Darma Widjaja sebagai Direktur Perseroan, sehingga susunan pengurus Perseroan menjadi:

DEWAN KOMISARIS
Komisaris Utama: Bapak Darma Putra
Komisaris: Ibu Tien
Komisaris Independen: Bapak Benny Mokalu

Top Mortar gak takut hujan reels

DIREKSI
Direktur Utama: Bapak Wito Mailoa
Direktur: Ibu Jessica Herliani Tanoesoedibjo
Direktur: Ibu Natalia Purnama
Direktur: Bapak Ageng Purwanto
Direktur: Bapak Samuel Mulyono
Direktur: Bapak Darma Widjaja

Selain itu, Perseroan juga melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) untuk menyetujui perubahan beberapa ketentuan dalam Anggaran Dasar Perseroan, sesuai dengan POJK No.15/POJK.04/2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka dan peraturan lain di bidang pasar modal dan menyatakan kembali perubahan-perubahan Anggaran Dasar Perseroan.

Paparan Publik

Sedangkan pada saat pelaksanaan Paparan Publik, Direktur Perseroan yang membawahi pengembangan digital, Jessica Tanoesoedibjo, memaparkan mengenai update dan arah digitalisasi unit bisnis Perseroan, antara lain:

– Motion (Mobile Transaction Indonesia)

MNC Bank akan segera meluncurkan new mobile banking dengan nama Motion (Mobile Transaction Indonesia). Ini merupakan salah satu langkah MNC Bank dalam mewujudkan visinya menuju bank tanpa cabang sekaligus untuk meningkatkan kepuasan nasabah. Mobile banking mempermudah pengalaman perbankan penggunanya. Banyak orang semakin menikmati kesederhanaan dalam mengelola keuangannya, mengatur pembayaran otomatis dengan pemberitahuan real time, serta transaksi kapan dan di mana saja, tanpa perlu mengantri di bank.

– Hario

Sinergi antara MNC Life dan MNC Insurance untuk memaksimalkan perlindungan bagi penggunanya melalui aplikasi asuransi digital bernama Hario. Hario menyediakan asuransi kesehatan, kecelakaan, pensiun, pendidikan, hingga asuransi rumah, serta tambahan perlindungan COVID-19 gratis, menawarkan fleksibilitas kepada pengguna dalam memilih premi asuransi pada satu platform. Langkah digital ini akan mengarah pada proses operasional yang lebih efisien serta jangkauan pelayanan yang semakin luas.

– MNC Trade

MNC Sekuritas melalui platform digital dan online trading-nya MNC Trade, akan segera menyediakan layanan tambahan sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) online. Diawali dengan produk reksa dana MNC Asset Management, pada akhir tahun 2020 (tergantung pada persetujuan OJK), MNC Sekuritas juga akan mengelola aneka produk reksa dana dari berbagai perusahaan manajemen aset dalam platform MNC Trade. Sebagai salah satu platform online trading terbaik di Indonesia, MNC Sekuritas akan terus berinovasi, menjadi yang terdepan baik dalam pasar saham maupun reksa dana.

– MNC Duit

MNC Asset Management sedang mengupgrade platform MNC Duit menjadi “MNC Duit 2.0”. Platform yang tadinya hanya sebagai sumber informasi bagi nasabah ritel, nantinya akan dapat mengelola investasi produk reksa dana secara terintegrasi, tidak hanya informasi portofolio, melainkan akan mampu melakukan transaksi pembelian, penjualan, switch dan redeem, maupun berbagai kebutuhan lain, termasuk untuk klien ritel, APERD, konsultan keuangan dan klien institusi.

– SPIN (Smart Payment Indonesia)

MNC Teknologi Nusantara terus berinovasi dengan platform SPIN. Selain menyediakan layanan e-money, e-wallet, serta pembayaran produk kebutuhan dasar seperti pulsa, listrik dan air; SPIN juga memungkinkan para penggunanya untuk mentransfer dana secara digital, ke rekening bank tertentu dan e-wallet lain. SPIN bersinergi dengan MNC Media mewujudkan konsep baru in-TV purchase, dimana pengguna dapat melakukan scan QRIS yang terpampang di layar televisi dan langsung membeli produk yang ditawarkan.

– P2P Lending

MNC Kapital dalam waktu dekat akan memiliki platform peer-to-peer (P2P) lending sebagai agen penyalur dana pinjaman MNC Bank, MNC Finance dan MNC Leasing. Perseroan berkeyakinan bahwa platform P2P lending, dengan fleksibilitas tanda tangan digital, dapat beroperasi tanpa cabang dan menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Diawali dengan sinergi dalam ekosistem MNC Group, platform ini akan menerapkan analisa kredit berbasis AI dan otomatisasi proses pinjaman.

– Payment Gateway

Pada tahun 2020, MNC Kapital mengakuisisi Flash Mobile yang merupakan perusahaan payment gateway dan biller aggregator. Dalam proses untuk memperoleh lisensi, Flash Mobile akan dilengkapi dengan sertifikat PCI DSS (standar tertinggi keamanan). Flash Mobile akan berfungsi sebagai satu-satunya payment gateway dan biller aggregator untuk MNC Group, yang juga akan melayani mitra eksternal.

– Loyalty Points

MNC Teknologi Nusantara juga sedang mengembangkan program Loyalty Points yang akan diintegrasikan ke dalam berbagai platform digital MNC Group, dari media hingga jasa keuangan. Setiap transaksi yang dilakukan didalam ekosistem MNC Group akan mendapatkan poin, yang nantinya dapat digunakan untuk berlangganan atau mendapatkan penawaran khusus. Loyalty Points ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan mempertahankan pelanggan untuk tetap berada didalam ekosistem MNC Group

Tanggapan dari Direktur Utama Perseroan:

“MNC Kapital telah melalui tahun 2019 dengan membukukan kinerja yang positif dan terus memperkuat strategi. Pada tahun 2020, Perseroan mengubah model bisnis dengan berfokus pada pasar digital untuk menjadi yang terdepan dalam layanan keuangan digital terintegrasi di Indonesia.

Dengan dukungan MNC Group, Perseroan akan terus mengembangkan sinergi grup yang solid dan terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pelanggan. Dengan Digita

l Roadmap yang matang untuk proses operasional lebih efisien serta jangkauan pelayanan yang semakin luas, Perseroan yakin akan memberikan hasil yang maksimal dalam waktu dekat.”

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan