Peningkatan Status Menjadi Upper-Middle Income Berdampak Positif pada Ekonomi Indonesia

0
105
Mengatur keuangan uasha (dok tommcifle.com)

The World Bank (Bank Dunia) menaikkan status Indonesia dari lower-middle income menjadi upper-middle income mulai 1 Juli 2020. Naiknya status tersebut dikarenakan oleh Gross National Income (GNI) per kapita Indonesia mencapai USD4.050 pada 2019.

Hal tersebut menunjukkan ketahanan ekonomi Indonesia yang cukup baik serta kemampuan Pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi yang stabil. Peningkatan status tersebut juga akan memperkuat akses pendanaan dan technical assistance yang dapat diakses oleh Indonesia.

Tingkat kemiskinan Indonesia mengalami perkembangan signifikan, yaitu turun dari 16,58% pada 2007 menjadi 9,22% pada 2019. Perbaikan ini tidak lepas dari berbagai program ekonomi untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan lapangan kerja.

Indonesia masih akan mendorong reformasi struktural ke depan. Pemerintah tetap berusaha melakukan perbaikan iklim investasi untuk mendorong lebih jauh angka pertumbuhan ekonomi ke depan. Peringkat kemudahan berusaha Indonesia (World Bank Ease of Doing Business) mengalami peningkatan dari peringkat 120 pada 2014 menjadi peringkat 73 pada 2019.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.