Strategi Pemasaran Toko Material Bangunan

0
6320
Toko Bahan Bangunan (dok isibangunan.com)

 

Jenis usaha material bangunan saat ini memang kompetisinya sudah sangat ketat. Namun tidak berarti usaha Anda tidak dapat berkembang. Usaha Anda akan tetap dapat bertumbuh dengan pengelolaan yang baik dan dukungan strategi marketing yang tepat.

Berikut ini beberapa saran yang dapat Anda coba:

  • Tentukan Ciri Khas Usaha. Supaya toko Anda terlihat berbeda dari toko lain, maka Anda harus punya ciri khas. Anda harus mencoba untuk mencari keunikan toko Anda, baik dari sisi barang yang dijual maupun jasa yang ditawarkan. Jika toko Anda memiliki ciri khas maka orang akan lebih mudah untuk mengingatnya. Ini juga berarti toko Anda akan menjadi lebih cepat dikenal dan pembeli akan selalu bertambah dari hari ke hari. Misalnya, setiap orang yang membeli ‘cat tembok’, Anda bersedia mencarikan tukang cat yang punya kualitas bagus; atau Anda memberikan konsultasi untuk membantu orang sebelum melakukan renovasi; dan masih banyak lagi cara lainnya.
  • Survei Harga Secara Rutin. Agar harga material yang Anda jual tidak terlalu mahal dari kompetitor, maka Anda harus rajin melakukan survei harga di beberapa toko yang sejenis. Jika ternyata harga yang Anda tawarkan lebih mahal dari toko lain, maka Anda harus membuat keputusan untuk menurunkan harga agar dapat bersaing atau memberikan bonus/ hadiah kepada pembeli.
  • Kerja Sama dengan Kontraktor. Cara lain yang dapat Anda coba adalah dengan bekerja sama dengan pihak kontraktor yang sering melakukan pekerjaan renovasi atau membangun rumah/gedung baru. Berikan penawaran harga yang menarik dan cara pembayaran yang lebih fleksibel sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.
  • Service Anda harus selalu memberikan pelayanan terbaik (service excellence) kepada semua orang yang datang. Semua orang yang sudah datang ke toko Anda pasti punya keinginan untuk membeli. Tetapi jadi atau tidaknya orang membeli akan sangat tergantung dari pelayanan yang Anda berikan. Jika saat ini pelayanan yang Anda berikan masih belum baik atau cenderung buruk, maka mulai saat ini Anda harus meningkatkan kualitas pelayanan agar pembeli tidak kecewa dan merasa puas dan mau kembali lagi untuk membeli. Dengan pelayanan terbaik maka toko Anda akan dicari oleh pembeli.
  • Komunikasi dan Promosi. Anda harus melakukan komunikasi dan promosi kepada target market yang Anda bidik, baik yang sifatnya online maupun offline. Ada baiknya untuk memasang spanduk di depan toko dan di beberapa titik strategis yang dapat menarik minat orang untuk datang. Contohnya dengan memasang tulisan: ‘Hari ini semua HARGA lebih MURAH’ atau ‘Ajak Teman Anda Berbelanja & Dapatkan Voucher Pulsa’.

Selamat mencoba dan sukses untuk Anda.

 

Oleh: Angela Kwok

Pengamat Marketing DK Consulting Jakarta

Website: www.dk-consultinggroup.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.