Mandiri Siapkan Skema Beli Rumah Tanpa Uang Muka untuk PNS Hingga TNI

0
278

Berempat.com – Bank Mandiri saat ini diketahui sedang mempersiapkan skema pembelian rumah tanpa uang muka untuk anggota TNI, Polri, dan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut diungkapkan oleh Executive Vice President Consumer Loans Bank Mandiri Ignatius Susatyo Wijoyo usai membuka Mandiri Property Expo 2108 di JCC, Jakarta, Sabtu (6/5).

“Jadi Bank Mandiri berinisiatif ada beberapa ide yang diajukan dan didiskusikan kemarin, seperti tenor bisa sangat panjang 30 tahun jadi melewati masa pensiun,” ungkap Ignatius.

Sebelumnya, rencana tersebut sempat dibeberkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Bank Mandiri pun mendukung rencana tersebut. Salah satu bentuk dukungan bank berplat merah tersebut adalah dengan memperpanjang tenor. Menurutnya, tenor yang panjang dapat memudahkan karena KPR bisa berlangsung hingga masa pensiun.

“Jadi kalau usia sekarang 40, kan pensiun 55. Nah, sisanya 15 tahun,” terangnya.

Adapun rumah yang bisa dibeli dengan skema tersebut adalah yang bersifat komersil dengan harga antara Rp 300 juta – Rp 400 juta.

“Komersil biasa, harga rumahnya Rp 300 juta sampai Rp 400 juta,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, untuk suku bunganya Bank Mandiri sudah mengatur di kisaran 10-11% untuk 5 tahun. Selepas 5 tahun, suku bunga akan dievaluasi kembali. Namun, Igantius memastikan bila bunga yang diberikan tidak akan tinggi.

“Suku bunga itu disepakati antara 10-11% efektif 5 tahun fix. Selanjutnya dievaluasi kalau bisa nggak jauh-jauh dari itu,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.