Tak Bisa Berkembang, Layanan Google+ Bakal Tutup April Mendatang

0
453
Ilustrasi Google+ tutup. (creativepixelmag.com)

Berempat.com – Google berencana bakal menutup layanan Google+ versi konsumen (pribadi) atau mengelola halaman Google+. Di Indonesia, hal tersebut disampaikan Google melalui email kepada para pengguna media sosial besutannya tersebut, Sabtu (2/1). Dalam email tersebut, Google menyebut bahwa rendahnya pengguna dan tantangan dalam mempertahankan produk menjadi kendalanya.

“Pada Desember 2018, kami mengumumkan keputusan kami untuk menghentikan penggunaan Google+ versi konsumen pada April 2019 karena rendahnya penggunaan dan tantangan dalam mempertahankan produk sukses yang memenuhi ekspektasi konsumen. Kami ingin mengucapkan terima kasih karena Anda telah menjadi bagian dari Google+ dan ingin memberitahukan langkah selanjutnya, termasuk cara mendownload foto dan konten Anda lainnya,” tulis keterangan yang ada.

Dengan disetopnya layanan Google+ ini, maka segala informasi yang dimiliki oleh akun pengguna akan dihapus seluruhnya, mulai dari konten, foto, video, hingga arsip dan halaman Google+.

“Pada tanggal 2 April, akun Google+ dan semua halaman Google+ yang Anda buat akan dihentikan, dan kami akan mulai menghapus konten dari akun Google+ konsumen. Foto dan video dari Google+ di Arsip Album dan halaman Google+ juga akan dihapus. Anda dapat mendownload dan menyimpan konten Anda, tetapi pastikan Anda melakukannya sebelum bulan April. Perhatikan bahwa backup foto dan video di Google Foto tidak akan dihapus.”

Google pun menyebut bahwa proses penghapusan konten dari akun Google+ versi konsumen, Halaman Google+, dan Arsip Album akan memakan waktu beberapa bulan lamanya. Sehingga konten mungkin akan tetap tersedia selama jangka waktu tersebut. Dengan demikian, pengguna masih dapat melihat beberapa bagian dari akun Google+ mereka melalui log aktivitas dan beberapa konten Google+ versi konsumen mungkin masih terlihat oleh pengguna G Suite hingga Google+ versi konsumen dihapus.

“Mulai tanggal 4 Februari, Anda tidak dapat lagi membuat profil, halaman, komunitas, atau acara Google+ baru,” tulis Google.

Sementara itu, jika Anda pemilik atau moderator Google+ Komunitas, Anda dapat mengunduh dan menyimpan data untuk Google+ Komunitas Anda. Mulai awal Maret 2019, data lainnya akan dapat diunduh, termasuk penulis, isi, dan foto dari setiap postingan komunitas di komunitas publik.

Kemudian, jika Anda login ke situs dan aplikasi tertentu menggunakan tombol Login dengan Google+, tombol ini tidak akan berfungsi lagi dalam beberapa minggu ke depan dan pada beberapa kasus akan digantikan dengan tombol Login dengan Google. Anda tetap dapat login dengan Akun Google di mana pun Anda melihat tombol Login dengan Google.

Pengumuman lainnya, yaitu jika Anda menggunakan Google+ untuk memberikan komentar di situs Anda sendiri atau situs lainnya, fitur ini akan dihapus dari Blogger paling lambat tanggal 4 Februari dan dari situs lainnya paling lambat tanggal 7 Maret. Semua komentar Google+ Anda di semua situs akan dihapus mulai tanggal 2 April 2019.

Pada akhir pengumuman tersebut, tim Google+ pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pengguna yang telah menjadikan Google+ sebagai tempat yang spesial.

“Kami berterima kasih kepada orang-orang berbakat, yaitu para seniman, pembangun komunitas, dan pemimpin inspiratif, yang telah menjadikan Google+ sebagai rumah mereka. Semangat dan dedikasi Anda begitu berarti,” tutup tim Google+.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.