Ternyata Ini 5 Alasan Produsen Mortar Memilih Jasa Makloon

0
419
Ilustrasi. (Unsplash.com/Claus Grunstaudl)

Berempat.com – Dalam dunia industri sudah bukan hal baru bila memproduksi barang menggunakan jasa makloon atau untuk industri manufaktur lebih dikenal sebagai jasa perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM). Ada berbagai alasan mengapa sebuah perusahaan memilih tak memproduksi sendiri barang yang hendak dijualnya. Salah satu yang paling menjadi pertimbangan tentu saja modal usaha.

Demikian juga dengan industri mortar atau semen instan. Perusahaan OEM bisa menjadi solusi yang bisa diambil karena memang memberikan keuntungan bagi perusahaan mortar. Bahkan, perusahaan mortar dari luar negeri yang hendak ekspansi ke Indonesia bisa dipastikan lebih memilih menggunakan jasa makloon atau perusahaan OEM daripada membangun pabrik sendiri.

Memang, pertimbangannya apa saja sih?

  1. Memangkas modal usaha

Dengan memanfaatkan jasa perusahaan OEM maka sebuah perusahaan bisa memangkas modal usaha. Paling tidak, modal usaha yang bisa tersimpan sebesar 50%. Karena sebuah perusahaan tak perlu mengalokasikan dana besar untuk membangun pabrik. Sebab biaya membangun pabrik tentu sangat besar. Mulai dari membeli atau menyewa lahan, mesin, hingga mencari bahan baku.

  1. Bisa langsung menjalankan bisnis

Saat akan membangun pabrik sebagai rumah produksi pasti ada banyak pertimbangan yang perlu diperhitungkan, seperti pemilihan lokasi, penentuan bahan baku, mencari SDM terbaik, hingga menghitung modal. Semua itu pasti memakan waktu yang tak sebentar. Kalau terlalu lama, sudah pasti bisnis semakin lama berjalan dan peluang yang ada justru diambil orang lain.

Karena itu, dengan mengambil jasa perusahaan OEM atau makloon, Anda bisa langsung fokus ke pengembangan bisnis tanpa harus terlalu memecah konsen ke urusan produksi.

  1. Lebih fokus pada pemasaran dan penjualan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan jasa perusahaan OEM atau makloon, Anda bisa langsung fokus merancang pemasaran produk, untuk kemudian menentukan target penjualan.

Pasalnya, tak sedikit perusahaan mortar yang akhirnya berguguran lantaran nekat membangun pabriknya sendiri tanpa tahu kekuatan pasar yang dimiliki. Sehingga fokus yang terbagi dua—produksi dan pemasaran—yang justru membuat mereka terpuruk sendiri.

Padahal, dengan fokus mengejar penjualan, perputaran uang yang dihasilkan bisa semakin cepat.

  1. Margin untung bisa lebih besar

Biasanya, satu jasa perusahaan OEM mortar akan memproduksi mortar dalam jumlah banyak. Sebab akan ada lebih dari satu perusahaan yang menggunakan jasa tersebut. Karena itu, dengan menggunakan jasa OEM pun harga satu mortar bisa ditekan lebih murah saat sampai ke konsumen. Karena semakin besar produksi harga semakin turun.

Di sisi lain, walaupun tak bisa mengambil untung besar dari harga mortar, Anda bisa mengambil untung karena tidak perlu membayar upah karyawan di bagian produksi. Hal ini jelas berdampak pada cash flow yang lebih ringan.

  1. Meminimalisir kerugian akibat overhead

Bisa dibayangkan apa jadinya bila produksi tiba-tiba mengalami overhead karena pasar tak mampu menyerap lebih? Sudah pasti perusahaan akan rugi besar. Namun, kerugian-kerugian semacam itu bisa diminimalisir dengan menggunakan jasa perusahaan OEM atau makloon.

Lalu, di mana bisa menemukan perusahaan OEM atau makloon khusus mortar di Indonesia? Jawabannya ada di Sidoarjo, Jawa Timur. Yakni PT Mitra Mortar Indonesia (MMI).

“Pabrik mortar ini (MMI) memang memfasilitasi bisnis-bisnis mortar ini. Jadi ngapain mereka (perusahaan mortar) susah-susah bikin pabrik. Mereka tinggal bikin kemasan dan produksi di kami,” ujar Direktur MMI, Hartawan.

Hartawan pun mengklaim bila sudah banyak merek-merek besar mortar yang memilih menggunakan jasa perusahaannya untuk memproduksi mortar. “Lihat saja di website kita (mortarindonesia.com) langsung,” imbuhnya.

Selain itu, ia pun mengklaim bila biaya produksi mortar yang diberikan relatif lebih terjangkau ketimbang kompetitor. Pasalnya, dari segi ketersediaan bahan baku sudah dimiliki oleh MMI. Begitu pun dengan mesin yang disuplai langsung oleh induk perusahaannya, PT Dissindo Pratama yang merupakan produsen mesin mortar selama 15 tahun. Berdasarkan company profile-nya, Dissindo sudah berkiprah sejak 2003 dan sudah memasok mesin mortar ke banyak perusahaan dan pabrik mortar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.