JD.com Sukses Uji Coba Kirim Paket Bogor-Bandung Pakai Drone

0
2203

Berempat.com – Proses pengiriman paket yang semakin praktis tampaknya akan benar-benar bisa terealisasi. Pasalnya perusahaan e-commerce asal Tiongkok, JD.com berhasil melakukan uji coba pengiriman paket menggunakan drone. Uji coba tersebut dilakukan pada 8 Januari 2019 dengan rute dari Desa Jagabita, Parung Panjang, Bogor menuju SD MIS Nurul Falah Leles di sebuah desa dekat Bandung.

Paket yang dikirimkan menggunakan drone terbilang cukup berat karena berisikan tas ransel dan buku-buku, demikian seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu (23/1).

Pengembangan sistem pengiriman berbasis drone ini diyakini bisa membantu melayani pelanggan di daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan sekaligus bisa mempercepat pengiriman.

Kepala Strategi JD.com, Jon Liao mengatakan bahwa pihaknya telah menggunakan drone untuk pengiriman barang di Tiongkok selama lebih dari 2 tahun lamanya.

“Kami telah melihat dampak dari penerapan teknologi ini pada kehidupan orang-orang di seluruh negeri," ujarnya.

Salah satu investor Go-Jek ini mengklaim telah memiliki sekitar 20 juta pengguna yang terdaftar di indonesia. Ke depannya JD.com pun menargetkan bisa mengirimkan 85% pesanan menggunakan drone sehingga barang dapat diterima di hari yang sama atau hari berikutnya sesuai pesanan pelanggan.

Dan demi mewujudkan hal tersebut, 10 gudang JD.com yang telah beroperasi di Indonesia pun dituntut untuk bisa menjangkau tujuh pulau yang mencangkup 483 kota dan 6.500 kabupaten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.