INACA Pastikan Harga Tiket Pesawat Akan Turun

0
456
Ilustrasi pesawat. (rebelcircus.com)

Berempat.com – Beberapa bulan belakangan ini harga tiket pesawat melambung hingga dua kali lipat. Namun, Ketua Umum Indonesia National Air Carrier Association (INACA) Ari Ashkara menyebut bahwa maskapai yang tergabung di dalam INACA berkomitmen untuk menurunkan harga tiket.

“Kami sejak minggu lalu, khususnya Jumat, sudah menurunkan tarif harga domestik,” ujar Ari di hadapan awak media di Jakarta, Minggu (13/01).

Keputusan ini diambil, imbuh Ari, karena adanya komitmen positif dari stakeholder, seperti dari Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Airnav, dan Pertamina. Di samping itu, adanya keluhan dari masyarakat atas tingginya harga tiket pesawat juga menjadi pertimbangan keputusan ini diambil.

“Walaupun di tengah kesulitan maskapai nasional yang ada, tapi kami lebih mendengar keluhan masyarakat tentang harga tiket,” klaim Ari.

Ari menjelaskan bahwa harga tiket pesawat untuk beberapa rute penerbangan sudah turun sejak Jumat, seperti rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta dan Bandung-Denpasar, dan Jakarta-Surabaya. Sementara mulai Minggu atau Senin ini, beberapa rute yang harga tiketnya diturunkan di antaranya Jakarta-Padang, Jakarta Pontianak, dan Jakarta-Jayapura.

Sebelumnya, Ari menyebut ada banyak komponen yang membuat harga tiket pesawat untuk penerbangan domestik menjadi mahal Selain komponen tarif penerbangan yang ditentukan pihak maskapai, Ari menyebut yakni adanya Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

“Kalau di dalam negeri kita kena Pajak Pertambahan Nilai, sedangkan di luar negeri tidak kena. Jadi hal hal itu yang bikin adanya perbedaan harga antara internasional dengan domestik,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.