Bukalapak Alokasikan Dana Rp 1 Triliun untuk Berdayakan Warung dan UMKM

0
633
Pojok Bisnis

Berempat.com – Bukalapak tergolong serius untuk bisa memberdayakan warung dan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar terhubung dengan teknologi digital. Hal itu dibuktikan dengan pengalokasian dana sebesar Rp 1 triliun untuk mengoptimalkan program Mitra Bukalapak.

“Kami mengalokasikan Rp 1 triliun untuk membesarkan warung dari segi pengembangan teknologi dan logistik, agar pengiriman logistik dapat lebih cepat, serta harga di warung juga lebih efisien,” ujar CEO Bukalapak Achmad Zaky dalam keterangan resminya, Jumat (11/1).

Selain itu, saat ini Bukalapak juga tengah melakukan perbaikan tampilan dan branding Mitra Bukalapak agar dapat mewujudkan warung atau Mitra Bukalapak naik kelas.

Mitra Bukalapak dinilai sebagai terobosan program dalam memberdayakan warung agar terhubung dengan teknologi. Sejak dikembangkan pada 2017 lalu, Bukalapak mengklaim bahwa program terseut telah memberdayakan lebih dari 500.000 warung dan 700.000 pelaku usaha mandiri di seluruh Indonesia. Hingga kini, Mitra Bukalapak telah merangkul lebih dari 4 juta pelapak dan 50 juta pengguna se-Indonesia.

Top Mortar gak takut hujan reels

Melalui Mitra Bukalapak, Zaky menyebut bahwa warung dapat semakin naik kelas karena kian terhubung dengan teknologi, seperti adanya fitur ‘Warung Terdekat’ dan Call Order Delivery (COD) pada aplikasi Mitra Bukalapak yang memungkinkan pemilik warung memesan stok barang dagangannya melalui aplikasi untuk langsung diantar ke warung.

Sebagai informasi, pemberdayaan warung juga berkolaborasi dengan pemerintah melalui program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Program kerja sama ini terjalin antara Bukalapak dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Kerjasama tersebut memungkinkan pemilik warung mendapat pembiayaan pinjaman usaha maksimal Rp 10 juta per nasabah. Nantinya, pinjaman tersebut dapat digunakan oleh para Mitra Bukalapak untuk pengembangan usaha mereka. Masyarakat diyakini akan dimudahkan dengan terhubungnya warung dan teknologi seperti kode QR dan layanan rekap laporan penjualan warung.

Selain itu, Mitra Bukalapak juga bekerjasama dengan Google agar warung-warung Mitra Bukalapak dapat dengan mudah ditemukan di Google Search dan Google Maps melalui Google Bisnisku dan dengan mudah terhubung dengan calon pelanggan.

“Inovasi-inovasi dari segi teknologi dan kampanye kreatif yang kami hadirkan tentu demi kenyamanan para pengguna. Dalam satu tahun terakhir transaksi kami tumbuh lebih dari 3 kali lipat dan mencapai lebih dari 12 juta kunjungan setiap harinya,” ungkap Zaky.

Kini, Bukalapak yang sudah menginjak usia ke-9 tahun tepat pada Kamis (10/1) kemarin masih akan berkomitmen untuk terus menerobos batas dan menciptakan inovasi-inovasi mutakhir untuk memberikan solusi bagi masyarakat.

Pada peringatan ulang tahun Bukalapak Ke-9, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sebanyak 56 juta.

Namun, Jokowi memandang masih banyak tantangan yang harus dihadapi UMKM, seperti berkaitan dengan upaya membangun brand, desain yang mengikuti keinginan pasar, pengemasan produk yang menarik, hingga permodalan dan akses masuk ke pasar.

Jokowi pun berpendapat, kehadiran Bukalapak bisa menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut. Ketersambungan antara ekosistem online dan ekosistem offline juga dipandang sebagai salah satu kekuatan besar untuk mengembangkan usaha kecil.

“Semoga ke depannya 52 juta UMKM lainnya dapat masuk semua ke Bukalapak. Bukalapak merupakan perusahan yang memiliki hati, memiliki jiwa sosial, tidak hanya berfokus pada keuntungan. Inilah yang menjadi teladan. Terima kasih sudah turut membangun perekonomian Indonesia,” ujar Jokowi dalam keterangan resminya, Jumat (11/1).

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.