Alibaba Cloud Tambah Kapasitas Data Center di Indonesia

0
119
Alibaba Cloud Tambah Data Center di Indonesia. (Dok. Merdeka.com)

Berempat.com – Alibaba Cloud baru saja meresmikan data center keduanya di Indonesia hari ini, Rabu (9/1). Anak perusahaan Alibaba Group ini menambah data center sebagai upaya menambah kapasitas data center mereka.

Alibaba Cloud General Manager of Singapore and Indonesia, Leon Chen mengatakan, penambahan kapasitas ini pun dilakukan karena adanya permintaan penggandaan data center dari konsumen. Alibaba Cloud sendiri baru meluncurkan data center pertamanya di Indonesia pada Maret 2018.

“Dengan adanya penggandaan ini, klien bisa mengefisiensi investasi dalam cloud. Sementara bagi perusahaan, kami dapat mengembangkan ekosistem di Indonesia melalui kerja sama dengan perusahaan lokal. Sekaligus membantu Indonesia dalam membangun infrastruktur,” ungkap Chen.

Dengan adanya data center baru milik Alibaba di Indonesia ini maka dapat memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona, sekaligus berganti zona dalam hitungan detik. Selain itu, hadirnya dua data center Alibaba Cloud ini diyakini dapat memberikan layanan yang komprehensif, mulai dari elastic computing, layanan database, jaringan, penyimpanan data, keamanan, hingga middleware.

Kemudian, menurut Chen, penambahan data center ini juga mampu memperkuat kemampuan cloud Alibaba dalam hal disaster recovery.

Untuk bisa menggandakan data center di Indonesia, Alibaba Cloud kabarnya menggandeng perusahaan lokal seperti PT IndoInternet. Mereka berperan sebagai distributor layanan komputasi awan dan juga teknologi dari Alibaba Cloud.

“Adanya kerja sama ini tidak hanya membantu kami memenuhi dan mendukung permintaan pasar, tetapi juga menambah pengetahuan, teknologi, produk, dan standar layanan para mitra solusi kami,” ujar Director PT IndoInternet David Tandanius.

Selain meluncurkan data center terbaru, Alibaba Cloud juga meluncurkan program akselerator yang ditujukan kepada talenta Indonesia yang bergerak di bidang teknologi. Program tersebut bernama Internet Champion Global Accelerator.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here