Guosto Terima Dana Rp 327 M di Seri Pendanaan Terbaru

0
136
Guosto (IST)

Berempat.com – Layanan paket makanan siap saji dari Inggris, Guosto telah menerima dana sebesar 18 juta poundsterling atau setara Rp 327 miliar dari seri pendanaan terbarunya. Pendanaan seri terbaru ini dipimpin oleh influencer kesehatan Instagram, Joe Wicks yang diikuti oleh investor lain seperti Unilever Ventures, Hargreave Hale, BGF Ventures, MMC Ventures, dan Angel CoFound.

Melansir dari TechCrunch, Senin (7/1), dengan adanya pendanaan terbaru ini maka Guosto sudah merengkuh dana segar hingga 75 juta poundsterling sejak 2012 lalu. Sebelumnya, pada Maret 2018 Guosto telah menambahkan pendanaan sebesar 28,5 juta poundsterling. Dana tersebut digunakan untuk investasi dalam pembelajaran mesin dan otomatisasi pabrik.

Kemudian, belum lama ini Gousto juga meluncurkan alat rekomendasi resep berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk pelanggan. Rekomendasi itu bisa membuat pelanggan membeli kebutuhan dapur sesuai kebutuhan resep.

"Kami akan memprioritaskan sebagian besar investasi dalam teknologi untuk mempercepat pertumbuhan," ungkap pihak Guosto.

Pendiri dan CEO Gousto, Timo Boldt mengatakan, perusahaannya telah menjual lebih dari 1,5 juta makanan kepada pelanggan per bulan. Timo pun mengklaim bahwa Guosto terus mengalami pertumbuhan 170% dari tahun ke tahun. Menurutnya, 2/3 pelanggan mereka merupakan keluarga, tetapi tak mengungkapkan jumlah pelanggan aktif secara detail.

Kompetitor HelloFresh ini menyediakan layanan paket makanan yang dapat menjadi alternatif untuk keluarga dan toko bahan makanan karena menyediakan bahan segar dengan porsi sesuai resep. Dengan begitu para pemilik toko maupun keluarga dapat lebih menghemat uang.

Sementara itu, layanan ini juga lebih efisien dibandingkan pelayanan offline atau online dari jaringan toko kelontong karena porsinya yang sesuai resep, sehingga tak membuang banyak bahan makanan.

Untuk itu, Gousto akan menawarkan lebih banyak pilihan kepada pelanggan serta mendorong efisiensi pabrik dan logistik melalui otomatisasi dan data. Layanan paket makanan saat ini menawarkan lebih dari 30 resep mingguan. Pengiriman terpendeknya hanya 3 hari dengan harga terendah dari 2,98 pondsterling.

Selain itu, berinvestasinya Joe Wricks pada Guosto menciptakan kerja sama baru pada keduanya berupa peluncuran berbagai paket makanan bergizi. Wricks tertarik untuk terlibat karena Gousto berfokus pada makanan sehat.

Sebelum menjadi investor, Wicks mengaku bahwa dirinya adalah pelanggan Guosto. Sehingga ia pun tahu Gousto memiliki dampak positif yang bertahan lama terhadap cara konsumsi para keluarga.

“Saya antusias dapat bergabung untuk menawarkan pengetahuan kepada perusahaan penuh inovasi baru ini," ujarnya.

Dengan kera sama yang terjalin ini, maka setiap minggunya akan ada minimal empat resep bermerek Wicks, yakni Joe's Veggie Spab Bol dan Sate Ayam dalam balutan selada dengan Herby Crusted Fish, Root Veg Chips and Peas, serta Nifty Veggie Noodles.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.