Bayar PBB di Semarang Kini Bisa Pakai Go-Pay

0
632
Pojok Bisnis

Berempat.com – Go-Pay mengumumkan kerja sama yang terjalin dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang dengan memudahkan pembayaran untuk Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kerja sama ini merupakan upaya Go-Pay dalam mendukung Kota Semarang menjadi smart city dan cashless city. Kerja sama ini diperkenalkan dalam acara Jalan Sehat Taat Pajak Daerah 2018 yang digelar di kawasan Balai Kota Semarang.

Sebelumnya, Go-Pay sudah pernah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang, yakni dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang. Kerja sama tersebut memberikan kemudahan pembayaran untuk Trans Semarang.

Head of Sales Go-Pay, Arno Tse mengapresiasi sambutan baik dari Bapenda yang terbuka atas inovasi pembayaran non-tunai dari Go-Pay. Sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, Go-Pay ingin mempermudah akses layanan keuangan bagi jutaan keluarga di Indonesia terutama masyarakat yang memiliki akses terbatas terhadap layanan keuangan formal.

“Pembayaran non tunai terutama yang terkait aktivitas sehari-hari merupakan langkah pertama untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat  terhadap layanan jasa keuangan,” ujar Arno dilansir dari keterangan resminya, Senin (31/12).

Top Mortar gak takut hujan reels

Arno pun mengklaim bahwa inovasi pembayaran yang diperkenalkan Go-Pay mendapatkan sambutan baik oleh masyarakat Kota Semarang.

“Bila melihat data dari Dishub Semarang dari kerja sama pembayaran di Trans Semarang, sambutan masyarakat untuk menggunakan GO-PAY di Kota Semarang sangat baik. Sejak Go-Pay diperkenalkan, transaksi non-tunai di Trans Semarang naik sangat signifikan,” ujar Arno.

Arno beranggapan bahwa kolaborasi strategis antara Go-Pay dan Pemkot Semarang ini bisa melengkapi layanan Pemerintah Kota Semarang sebagai smart city.

“Jika masyarakat terbiasa memanfaatkan pembayaran non-tunai yang transparan dan mudah, maka Pemkot Semarang dapat dengan mudah memperkenalkan inovasi digital lain yang dapat meningkatkan pelayanan publik,” ujar Arno.

Kolaborasi ini merupakan pertama kalinya bagi Go-Pay masuk pada pembayaran non-tunai untuk pembayaran pajak daerah.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pun menegaskan, komitmennya untuk meningkatkan kemudahan masyarakat dalam melakukan berbagai urusan terkait Pemerintah Kota Semarang.

“Salah satunya diyakini dengan memberikan pilihan bertransaksi yang beragam bagi masyarakat, dan dalam hal ini Go-Pay sebagai salah satu instrument cashless di Indonesia dengan basis pengguna yang kuat menjadi penting bagi Pemerintah Kota Semarang,” ungkap Hendi.

Untuk itu, Hendi menyebut bahwa dirinya menyambut baik sinergi antara Go-Pay dengan Bapenda untuk mengupayakan peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang. Hendi pun mengaku optimis kerja sama ini dapat berdampak positif nantinya.

Tak lupa dirinya menuturkan dalam kaitan perwujudan Semarang Smart City, masuknya Go-Pay pada berbagai sektor diharapkan dalam semakin mendorong terbentuknya Smart Society pada masyarakat Kota Semarang.

“Inovasi pembayaran elektronik ini kami terapkan guna meningkatkan layanan kepada masyarakat kota Semarang. Kami berharap dengan berbagai kemudahan yang kami tawarkan, bisa meningkatkan pendapatan asli daerah yg nantinya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan layanan publik lain di kota Semarang,” ujar Kepala Bapenda Kota Semarang, A Yudi Mardiana.

Masyarakat yang ingin membayar PBB dengan Go-Pay hanya butuh beberapa langkah mudah. Cukup dengan scan kode QR yang tersedia pada loket pembayaran PBB menggunakan aplikasi Go-Jek dan memasukkan jumlah yang harus dibayar.

Di Kota Semarang sendiri ekosistem pembayaran Go-Pay tidak hanya terkait layanan publik yaitu Trans Semarang dan PBB. GO-PAY juga telah memperkenalkan solusi pembayaran di tempat seperti  di Go-Food Festival, di puluhan UMKM dan juga sedekah digital di Masjid Baiturrahman.

“Kami berharap bahwa kehadiran Go-Pay di Kota Semarang akan semakin memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat mulai dari belanja, membayar layanan publik, hingga berdonasi,“ tutup Arno.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.