RJ Steel, Franchise Toko Mur dan Baut Pertama di Indonesia dengan Prospek Besar

0
4134
Suasana stand RJ Steel saat mengikuti pameran di Info Franchise Business & Concept (IFBC) 2018, Minggu (25/11). (Berempat.com/Shandy)

Berempat.com – Bila umumnya franchise toko bahan material bangunan hadir menawarkan berbagai kebutuhan bahan bangunan, maka lain hal dengan yang ditawarkan RJ Steel. Franchise yang eksis sejak 18 Januari 2016 ini hadir khusus untuk menjual mur dan baut. Menurut Marketing Communication RJ Steel Pipit Ika, RJ Steel adalah pionir untuk toko khusus menjual mur dan baut.

“Yang kita jual di sini 80% mur-baut, sisanya alat teknik. Kita ada powers tools-nya Surpass, untuk hand tools-nya kita ada Kendo,” terangnya saat ditemui di Info Franchise & Business Concept (IFBC) Expo 2018, Balai Kartini, Jakarta, Minggu (25/11).

Tentunya mur dan baut yang dijual oleh RJ Steel berbeda dengan yang banyak dijual oleh toko bangunan pada umumnya. Pipit menjelaskan bahwa perbedaan itu terletak pada jenis mur dan baut yang dijual. “Kalo kita lengkap, dari yang paling kecil sampai yang paling besar ada,” tuturnya.

Selain itu, RJ Steel juga memberikan harga yang bersaing dibanding toko sejenis lainnya. Sebab RJ Steel memiliki pabrik produksi mur dan bautnya sendiri sehingga harga bisa sangat bersaing.

“Memang ada beberapa yang impor, tapi dijamin harga masih bersaing karena kita distributor tunggal di Indonesia,” tambah Pipit.

Saat ini, RJ Steel telah memiliki 30 franchise yang tersebar mulai dari Palembang, Makassar, Banjarmasin, Cengkareng, Madiun, hingga Ponorogo.

Pipit juga menjelaskan keuntungan mitra yang bergabung dengan RJ Steel, di antaranya memberikan kemudahan sistem kepada mitra, operasional komputer, serta pelatihan kepada karyawan untuk memahami operasional sistem yang berlaku.

Keunggulan sistem yang dimaksud Pipit mulai dari laporan keuangan sampai dengan pendeteksian jenis produk yang paling laku terjual hingga yang jarang laku terjual. Menurut Pipit, RJ Steel menerapkan sistem replace, di mana mitra bisa menukar produk yang penjualannya lambat dengan produk yang penjualannya cepat.

“Jadi modalnya franchisee ini terus berputar, gak stak. Kemudian ada portofolio analisa, kita juga berbasis komputer. Itu terpantau 24 jam sama pusat. Jadi kita terus maintaince mereka terus. Sistemnya itu semuanya, jadi itu akan memudahkan franchise, jadi mereka tinggal tarik data saja,” papar Pipit.

RJ Steel juga menerapkan sistem penempatan satu toko hanya untuk satu wilayah. Namun, yang perlu diingat, untuk bisa membuka RJ Steel Anda perlu menyiapkan tempat minimal 2 ruko dengan luas 4,5×7 meter per segi atau 5×10 meter per segi. “Karena memang dia harus (punya) tempat yang memiliki kapasitas menyimpan kurang lebih 3.000 mur baut, termasuk alat teknik,” jelas Pipit.

Untuk bisa menjadi mitra RJ Steel, nilai investasi yang Anda butuhkan yaitu sebesar Rp 1,2 M. Dengan nilai investasi tersebut, mitra akan mendapatkan sistem beserta perlengkapan. Kemudian mitra juga tak dibebankan royalty fee dan hanya perlu membayar 1 kali nilai investasi untuk durasi kontrak 5 tahun.

Dengan nilai investasi tersebut, RJ Steel memperkirakan mitra sudah dapat BEP dalam 3 tahun 1 bulan. Dengan catatan semuanya harus berjalan sesuai dengan peraturan dan analisa RJ Steel.

Pada kesempatan yang sama, Head of Operation RJ Steel Buyono The menyebut bahwa pihaknya tengah mengincar beberapa wilayah untuk RJ Steel.

“Kami tertarik untuk wilayah Bandung, Bekasi, Cilegon. Pinggiran Jakarta untuk area Barat dan Timur. Kita sasar kali ini mudah-mudahan banyak di pinggiran Jakarta. Kita harapkan ada goal 5-6 franchisee di pinggiran Jakarta,” ungkap Buyono.

Buyono menjelaskan, pihaknya tertarik di pinggiran Jakarta sebab kawasan-kawasan tersebut memiliki prospek yang bagus. Buyono menyontohkan untuk kawasan Cilegon atau Balaraja yang banyak terdapat pabrik.

Sebagai informasi, RJ Steel menargetkan dapat membuka 15-20 gerai baru di tahun depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.