Kontribusi Weston Energy untuk Korban Bencana

0
1478
Pojok Bisnis

Berempat.com – Indonesia merupakan salah satu negara dengan wilayah yang rawan bencana. Menurut Badan Meteorologi Kilmatologi dan Geofisikan (BMKG), sepanjang sejarah Indonesia telah dilanda gempa disertai tsunami sebanyak 12 kali dengan korban lebih dari 700.000 jiwa yang harus mengungsi.

Hal inilah yang kemudian mendasari Founder dan CEO Weston Energy, Wynn Nathaniel berinisiatif untuk membangun sebuah ekosistem hunian sementara yang ramah lingkungan bagi korban bencana. Hunian tersebut akan disertai dengan fasilitas pemulihan psikis bagi korban bencana.

Hunian tersebut dapat dibangun hanya dalam 5 hari yang dilengkapi dengan sistem listrik menggunakan tenaga surya. Pembangunan ini merupakan hasil kolaborasi antara Weston dengan beberapa pihak mitra sebagai solusi dalam mendukung proses pemulihan para korban bencana.

Bentuk desain ekosistem hunian sementara korban bencana buatan Weston Energy. (Dok. Weston Energy)

Kendati hanya dalam dibuat 5 hari, namun hunian tersebut sudah dilengkapi dengan kesiapan struktur tahan gempa demi memastikan keamanan bagi masyarakat. Desainnya pun dibuat bersinergi dalam mendukung pemulihan fisik dan psikis korban dengan dilengkapi fasilitas seperti hunian sementara, sekolah anak, ruang aktivitas, tempat ibadah, serta fasilitas Mandi, Cuci, Kakus (MCK).

Top Mortar gak takut hujan reels

Namun, agar bisa mereleasikan proyek hunian sementara untuk korban bencana, saat ini Weston Energy sedang menggalang dana secara private kepada beberapa pihak. Menurut catatan, sampai hari ini, dana yang sudah terkumpul hampir 50% dari biaya realisasi.

“Dalam jangka waktu dekat, kami akan mengadakan sebuah konser amal bersama musisi-musisi indonesia untuk mengajak masyarakat terlibat untuk merealisasikan karya kolaborasi kami untuk Palu, dan mereleasasikan proyek ini secepatnya untuk menyediakan hunian sementara yang layak untuk korban bencana,” ujar Wynn dalam keterangan resminya, Rabu (7/11).

Weston Energy merupakan startup yang berdiri pada 2015 silam yang bergerak di bidang energi terbarukan dengan prinsip socialpreneur. Weston Energy sampai saat ini sudah berkontribusi secara nyata dalam menyediakan listrik di desa-desa terpencil.

Sebagai informasi, Weston Energy pun merupakan salah satu startup lulusan akselerator program GK-Plug and Play Indonesia pada angkatan ke-2.

“Kami sangat senang, salah satu startup binaan kami dapat memberikan dampak besar bagi Indonesia, salah satunya proyek baru Weston yaitu hunian sementara untuk korban bencana alam. Kualitas seperti inilah yang kami cari pada sebuah startup,” tutur Managing Director GK-Plug and Play Indonesia Wesley Harjono.

Weston Energy bergabung di Plug and Play Indonesia di tahun 2017 dam menjadi salah satu dari 12 startup yang bergabung di program akselerasi GK-Plug and Play Indonesia.

“GK-Plug and Play Indonesia membantu kami dalam hal pengembangan bisnis model, koneksi, dan eksposure untuk Weston,” imbuh Wynn.

Hingga saat ini, GK-Plug and Play Indonesia sudah mengakselerasi lebih dari 30 startups dan sedang membuka program akselerasi pada angkatan ke-4  sampai dengan 5 Desember 2018.  Pendaftaran bisa dilakukan melalui link berikut ini: http://bit.ly/applypnp4

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.