Telkom Resmikan Kawasan The Telkom Hub, ‘Markas’ Baru untuk Inovasi Digital

0
571

Berempat.com – Menjelang akhir tahun 2018, PT Telkom Indonesia Tbk. baru saja meresmikan sebuah kawasan yang diberi nama The Telkom Hub. The Telkom Hub adalah akwasan perkantoran Telkom Group yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Peresmian The Telkom Hub dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri BUMN Rini M. Soemarno, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, dan beberapa pejabat lain pada Kamis (1/11).

Alex J. Sinaga mengatakan, sebagai BUMN di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang memiliki visi “Be The King of Digital in The Region” terus berupaya membangun infrastruktur digital di seluruh Indonesia. Termasuk berupaya menyediakan layanan solusi digital untuk menjadi motor penggerak pembangunan masyarakat digital sekaligus untuk bisa mempercepat pembangunan ekonomi digital Indonesia.

“Keberadaan The Telkom Hub ini diharapkan dapat mendorong karyawan Telkom Group untuk terus mengembangkan kapabilitasnya dan membangun budaya kerja digital untuk mendorong lahirnya inovasi secara berkelanjutan, sekaligus menjadi sumber inspirasi dalam pembangunan digital Indonesia,” ujar Alex.

The Telkom Hub dibangun dengan tiga gedung utama, yaitu Graha Merah Putih, Telkom Landmark Tower, dan Telkomsel Smart Office. Kawasan ini memiliki enam fungsi unggulan, yakni sebagai Pembinaan Budaya Inovasi Digital, Manajemen Infrastruktur dan Layanan Pintar, Pusat Pengembangan Entrepreneur Digital, Pusat Edukasi Sosial dan Teknologi, Pusat Pelayanan Pelanggan Digital, dan Masjid Pintar.

Beragam keunggulan tersebut menjadikan The Telkom Hub layaknya markas baru untuk inovasi digital karena menjadi Center of Excellence dan Source of Inspiration untuk membangun digital Indonesia. Di samping itu, nama The Telkom Hub mencerminkan peran Telkom sebagai global digital hub yang menghubungkan Indonesia dengan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Eropa melalui infrastruktur kabel laut serat optik.

Tak hanya sebagai kawasan perkantoran, The Telkom Hub pun memiliki sarana dan prasarana untuk memantau jaringan dan layanan Telkom Group yang terbentang dari Sabang sampai Merauke hingga mancanegara. Perkantoran ini juga dilengkapi dengan Telkom Group Integrated Operation Center (TIOC) dan Network Operation Center (NOC) Telkomsel. Kedua operation center ini ditunjang dengan platform, aplikasi, sistem informasi, big data analytic, dan perangkat teknologi terkini yang didukung tenaga ahli terbaik Telkom Group, sehingga dapat memberikan layanan prima pada pelanggan.

The Telkom Hub pun dilengkapi dengan pusat pengembangan Digital Entrepreneur (Digipreneur) yang disebut creative center “Jakarta Digital Valley”. Fasilitas ini merupakan salah satu bentuk komitmen Telkom Group dalam menumbuhkembangkan Digipreneur Indonesia.

Di samping itu pula, terdapat “Telkom Digital Experience” sebagai wahana edukasi sosial dan teknologi yang terbuka untuk umum. Sehingga masyarakat diberikan kesempatan untuk melihat, mencoba, dan merasakan penerapan teknologi digital masa depan yang diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk melahirkan inovasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.