4 Franchise Logistik yang Bisa Jadi Pilihan Berwirausaha

0
6776

Berempat.com – Semakin besarnya pasar jual-beli online tentu berdampak pada pemerataan ekonomi di Indonesia, karena setiap orang di daerah sudah bisa memasarkan langsung produknya ke end customer yang ada di kota maupun sebaliknya. Namun, di samping itu, tingginya jual-beli online di Indonesia turut menumbuhkan bisnis logistik.

Sebab sebagaimana yang kita tahu, jasa logistik sangat dibutuhkan dalam proses jual-beli online untuk dapat mendistribusikan produk sampai ke tangan konsumen. Tak heran bila kemudian bisnis logistik ini memiliki prospek masa depan yang sangat baik.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjajal bisnis logistik bisa memilih mengambil kemitraan atau franchise jasa logistik yang sudah ada. Berikut 5 franchise logistik yang Berempat.com rekomendasikan.

  1. JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) sudah eksis di jasa logistik sejak November 1990. JNE tumbuh begitu cepat di Indonesia seiring dengan maraknya jual-beli online. Tercatat, pada 2017 JNE sudah memiliki 6.000 agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Angka tersebut pun naik menjadi 6.800 agen sampai dengan semester pertama 2018.

Saat ini JNE sudah menjadi salah satu pemain utama pada bisnis pengiriman paket atau barang, baik regional, impor maupun ekspor.

2. JET Express

JET Express merupakan salah satu perusahaan logistik yang terbilang baru di Indonesia dan cukup menarik perhatian. Selain karena warna merah yang mencolok sebagai identitas, JET Express juga tak sungkan merogoh kantong untuk beriklan.

Saat ini, JET Express sudah memiliki total 3.500 cabang, 500 di antaranya adalah milik franchisee dan sisanya adalah cabang JET Express. Tahun ini, JET Express menargetkan memiliki 4.000 cabang dengan membuka peluang franchise sebesar-besarnya.

Sebagai informasi, dalam sehari JET Express bisa mengirim 500.000 paket di seluruh Indonesia yang didominasi di pulau Jawa.

3. SiCepat

SiCepat merupakan perusahaan ekspedisi yang sudah fokus merambah pasar e-Commerce sejak awal berdiri pada 2014 silam.

Diketahui, SiCepat telah memiliki 120 gerai di Indonesia dengan jumlah karyawan mencapai 1.800 orang. Dalam sehari, SiCepat bisa mengirim 40.000–60.000 paket.

Selain itu, SiCepat juga mempunyai data konsumen yang berjumlah 63.000 orang. 500 di antaranya termasuk kategori loyal dengan sumbangsih Rp 55 juta per bulan.

4. SAP Express

SAP Express adalah pelopor bisnis logistik berbasis android yang sudah berdiri sejak 2014. Boleh dikatakan SAP Express memiliki pertumbuhan yang cukup menjanjikan. Sampai dengan saat ini sudah ada 200 gerai yang tersebar hampir di seluruh Indonesia.

SAP Express bahkan baru saja melantai di bursa saham pada September 2018 lalu. Dengan dana segar yang didapatkan, SAP Express menargetkan petumbuhan gerai sebanyak 1.000 di tahun depan. Artinya, kesempatan besar untuk bergabung menjadi franchisee SAP Express sangat terbuka lebar.

Yang menjadikan SAP Express ini unggul karena orang-orang di baliknya yang merupakan pemain lama di bisnis jasa logistik sehingga paham betul pada perjalanan bisnis satu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.