BUMN Kembali Buka Kesempatan Mudik Gratis di 2018

0
315
Mudik Gratis BUMN. (Dok. BUMN)

Berempat.com – Sebentar lagi umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadan. Bagi umat Islam di Indonesia sendiri, Ramadan bukan hanya identik dengan menjalankan ibadah wajib berpuasa, tetapi juga budaya pulang ke kampung halaman saat lebaran tiba.

Menyambut buadaya itu, beberapa perusahaan di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) pun telah mempersiapkan program rutin tahunan mudik gratis bagi masyarakat umum. Di tahun ini, KBUMN akan mengangat tema Mudik Gratis Bareng BUMN tahun 2018. Rencananya, mudik gratis akan berlangsung pada 9 Juni 2018 atau H-6 bila berdasarkan kalender yang dimulai dari Parkir Pantai Carnaval Ancol, Jakarta.

“Kementerian BUMN ingin memastikan bahwa BUMN hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan. Mudik bisa berjalan lancar, pemudik pun mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN,” ujar Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra dalam keterangan rilisnya, Rabu (4/4).

Di tahun ini, BUMN menargetkan dapat menarik peserta mudik gratis Bareng BUMN paling sedikit 200 ribu. Angka tersebut naik 69,18% dibanding yang terjadi di tahun 2017.

Adapun, wilayah yang akan masuk dalam program KBUMN ini meliputi wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawes. Sementara untuk rutenya sendiri, jalur yang akan ditempuh antara lain Jakarta, Cirebon, Pati, Yogyakarta, Pekalongan, Solo, Semarang, Kediri, Klaten, Cilacap, Madiun, Malang, Surabaya, Purwokerto hingga Mataram.

Terkait persiapan dari KBUMN, Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha, Tatan Rustandi menyatakan bahwa untuk aspek keamanan dan kenyamanan telah dipersiapkan dengan baik oleh Perum Damri.

“Persiapan mudik ini dilakukan atas inisiatif dari Kementerian BUMN dalam rangka memastikan semua BUMN jasa transportasi dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat mudik nanti,” ujarnya.

Tujuan KBUMN sendiri mengadakan kegiatan ini untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor menjadi ke moda transportasi yang lebih nyaman dan aman. Kegiatan ini pun diklaim sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran.

Lebih lanjut, Tatan menjelaskan bila pemudik yang ikut program ini akan diangkut menggunakan bus Damri kelas Bisnis dan Eksekutif. Soal standar pelayanan tak perlu ditanyakan lagi, pendingin ruangan, audio/video, dan wi-fi sudah akan dirasakan oleh para pemudik.

Bagi Anda yang ingin ikut program Mudik Bareng BUMN ini dapat mendaftarkan diri secara daring (online).

Berikut ini adalah daftar 14 BUMN yang bekerja sama dengan Perum Damri untuk program Mudik Gratis:

  1. PT Taspen (30 unit bus, 1200 orang),
  2. PT Angkasa Pura II (50 unit bus, 2000 orang),
  3. PT Pupuk Indonesia (10 unit bus, 400 orang),
  4. PT Pertamina (23 unit bus, 920 orang),
  5. PT Jamkrindo (16 unit bus, 640 orang),
  6. PT Askrindo (24 unit bus, 1000 orang),
  7. PT Jasindo (12 unit bus, 498 orang),
  8. Asuransi Jiwasraya (10 unit bus, 418 orang),
  9. PT Pegadaian (24 unit bus, 960 orang),
  10. PT Inalum (2 unit bus, 80 orang),
  11. PT Djakarta Lloyd (8 unit bus, 320 orang),
  12. PT JIEP (2 unit bus, 80 orang),
  13. PT Bank Mandiri (40 unit bus, 1600 orang)
  14. PT Bank BTN (38 unit bus, 1520 orang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.