Tesla Umumkan PHK Massal, Ribuan Pekerja Terdampak!

0
149
Tesla Umumkan PHK Massal, Ribuan Pekerja Terdampak!
Tesla Umumkan PHK Massal, Ribuan Pekerja Terdampak!
Pojok Bisnis

Perusahaan mobil listrik Tesla akan melakukan PHK terhadap ribuan karyawan di sejumlah lokasi di Wilayah Teluk pada bulan Juni ini, menurut dokumen yang diajukan kepada Departemen Pengembangan Ketenagakerjaan California pada hari Selasa.

Minggu ini merupakan pekan yang sulit bagi Tesla. Saat kabar tentang PHK 10% karyawan secara global menyebar minggu lalu, harga saham perusahaan turun sebesar 3%. Hal itu terjadi setelah CEO Tesla, Elon Musk, memberitahu karyawan melalui memo internal bahwa penghematan biaya membuat pemutusan hubungan kerja tersebut menjadi keharusan.

Awalnya, tidak jelas berapa banyak pekerjaan di Wilayah Teluk yang akan terpengaruh oleh pemutusan hubungan kerja tersebut, tetapi pemberitahuan WARN (Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Kembali) yang diajukan oleh Tesla pada hari Selasa mengungkapkan bahwa 2.753 pekerjaan akan hilang.

Tesla memiliki lebih dari 140.000 karyawan, sehingga sekitar 14.000 pekerjaan, atau sekitar 10%, diperkirakan akan dihapus. Ini merupakan bukti terbaru dari tantangan yang dihadapi oleh pembuat mobil listrik tersebut.

PT Mitra Mortar indonesia

Penurunan Permintaan dan Strategi Penyesuaian Harga

Kabar ini datang saat Tesla mengalami penurunan pengiriman dan permintaan pada kuartal pertama tahun 2024. Situs web perusahaan juga mengungkapkan bahwa Tesla akan memangkas harga sistem pengemudi otomatisnya sebesar 30% (turun menjadi $8.000 dari sebelumnya $12.000). Raksasa teknologi ini juga menurunkan harga tiga dari lima modelnya di seluruh Amerika Serikat sebesar $2.000.

“Dalam pengumuman laba terbaru mereka, mereka melaporkan bahwa EPS, laba per saham, turun di bawah ekspektasi. Di bawah konsensus dari apa yang diharapkan oleh analis. Pendapatan mereka telah menurun selama 2 tahun berturut-turut,” kata Julian Vogel, Asisten Profesor Keuangan Universitas Negeri San Jose.

Tantangan di Pasar Mobil Listrik

Menghadapi persaingan yang lebih ketat di pasar mobil listrik, perusahaan mobil ini telah melihat penurunan pengiriman dan permintaan yang lebih rendah untuk mobilnya pada kuartal pertama tahun ini.

“Khususnya di China, di mana BYD memimpin dalam hal jumlah mobil yang terjual di seluruh dunia. Mobil-mobil tersebut hadir dengan biaya yang lebih rendah daripada rata-rata Tesla, sangat menarik, dan membuat terobosan,” kata Olaf Groth, seorang profesor di UC Berkeley Haas School of Business dan CEO Cambrian Futures.

Meski begitu, Groth mengatakan bahwa Tesla adalah salah satu perusahaan mobil terkemuka di dunia dan, meskipun ada pemutusan hubungan kerja baru-baru ini, ia yakin teknologi dan pemasaran merek Tesla akan menjaga kelangsungan perusahaan tersebut.

“Saya percaya bahwa ada kemungkinan kita akan melihat lebih banyak pemutusan hubungan kerja karena Musk telah mengumumkan bahwa ia ingin meluncurkan produksi yang lebih otomatis, pabrik robotik. Mungkin ada banyak kecerdasan buatan juga di dalamnya,” kata Groth.

PHK tersebut diperkirakan akan dimulai pada bulan Juni, dan setelah mengumumkan bahwa akan mulai memproduksi mobil yang lebih terjangkau tahun depan, harga saham Tesla naik 11% pada hari Selasa.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan