Tagar #BoikotErspo Makin Kencang, Netizen Menduga Erspo Bukan Bagian Dari Erigo

0
125
Tagar #BoikotErspo Makin Kencang, Netizen Menduga Erspo Bukan Bagian Dari Erigo
Tagar #BoikotErspo Makin Kencang, Netizen Menduga Erspo Bukan Bagian Dari Erigo (Dok Foto: GenFM)
Pojok Bisnis

Fenomena yang tengah ramai di media sosial mengenai desainer jersey Timnas Indonesia telah menimbulkan berbagai pertanyaan terkait perusahaan apparel Tim Garuda. Terutama, Twitter menjadi saksi banjirnya tagar #BoikotErspo dalam beberapa minggu terakhir. Kehebohan ini dipicu oleh respons reaktif dari desainer jersey Timnas Indonesia, Ernanda Putra, terhadap kritik yang dilontarkan netizen terhadap karyanya.

Setelah Ernanda menjadi sasaran kritik dan munculnya tagar #BoikotErspo, mulai beredar kabar yang menyebutkan bahwa Erspo dan Erigo adalah entitas yang berbeda atau tidak memiliki keterkaitan sama sekali.

Informasi ini mengejutkan, mengingat ada beberapa kejanggalan sejak Timnas Indonesia mengumumkan perilisan jersey baru. Di bulan Oktober tahun lalu, PSSI menyatakan secara resmi bahwa Erigo dan Bocorocco akan menjadi official apparel Timnas Indonesia melalui proses tender.

“PSSI mengucapkan selamat kepada Erigo dan Bocorocco yang secara resmi terpilih sebagai mitra resmi apparel fashion dan footwear Timnas Indonesia untuk periode 2024-2025 melalui proses tender terbuka,” demikian pernyataan PSSI pada Oktober tahun lalu.

Top Mortar gak takut hujan reels

Netizen Merasa Janggal, tagar #BoikotErspo Makin Kencang!

Namun, seiring berjalannya waktu, Timnas Indonesia akhirnya merilis seragam baru pada 18 Maret 2024 bersama dengan apparel Erspo. Awalnya, dianggap bahwa Erspo adalah bagian dari Erigo Sport, perusahaan yang khusus bergerak di bidang apparel olahraga.

Namun, pemilik Erspo, Muhammad Sadad, menjelaskan melalui unggahan di Instagram bahwa Erspo sebenarnya merupakan singkatan dari Ergonomic Sporty Outfit. Berbeda dengan pengumuman Oktober 2023, PSSI tidak lagi menyebutkan nama brand Erigo dalam pernyataan mengenai perilisan jersey baru Timnas Indonesia.

Sebaliknya, PSSI justru secara eksplisit menyebutkan nama brand Erspo, meskipun perusahaan ini tidak tercantum dalam daftar peserta tender jersey Timnas Indonesia yang diumumkan pada Oktober sebelumnya.

“PSSI mengungkapkan bahwa Erspo telah merilis 2 varian jersey yang akan dipakai oleh pemain timnas Indonesia untuk pertandingan. Jersey kandang tetap berwarna merah dengan garis putih di kerah dan lengan, sementara jersey tandang berwarna putih dengan garis merah di kerah dan lengan,” tegas PSSI beberapa waktu lalu.

Saat tagar #BoikotErspo ramai dan menuai polemik dengan desainer jersey Timnas terjadi, Erigo sebagai apparel resmi (secara tender) memilih untuk tidak memberikan pernyataan sama sekali. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa Erigo dan Erspo memang merupakan entitas yang berbeda.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan