Shopee Klaim 80% Penjual di Platform Merupakan Pengusaha UMKM

0
560
Pojok Bisnis

Berempat.com – Shopee mengklaim bahwa pihaknya telah turut andil dalam upaya mendorong 8 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) go online di marketplace. Hal itu dapat terlihat dari 80% jumlah penjual yang ada di marketplace ini adalah pengusaha UMKM.

“Jumlah seller yang ada di Shopee Inonesia saat ini ada sekitar 2 juta, dan lebih dari 80% di antaranya merupakan UMKM asli Indonesia,” ujar Head of Government Relations Shopee Radityo Triatmodjo dalam keterangan resminya.

Radit bahkan menyebut bahwa di antara 1,6 juta pengusaha UMKM tersebut banyak yang masuk kategori penjual teratas di Shopee.

Sejauh ini, Shopee pun sudah melakukan berbagai hal sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM. Di antaranya dengan memberikan pendampingan dan bimbingan gratis bagaimana pelaku UMKM bisa berjualan dengan memanfaatkan marketplace. Radit menyebut sudah 30.000 pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang mendapat bimbingan gratis dari Shopee.

Top Mortar gak takut hujan reels

“Ditahun 2018, Shopee telah menjangkau lebih banyak penjual lokal di 35 kota di Indonesia untuk turut berkembang,” ujar Radit.

Adapun, berbagai program yang dilakukan sebagai bentuk dukungan di antaranya Kreasi Nusantara, Kampus Shopee, dan Shopee Campus Competition.

Namun, kendati demikian Radit mengaku tak mudah untuk bisa mengajak pelaku UMKM di seluruh Indonesia agar mau berjualan di marketplace. Radit menyebut bahwa struktur geografis Indomesia yang terdiri dari pulau-pulau menjadi kendala lanataran komunikasi menjadi sulit. Lebih lagi tidak semua pelaku usaha dapat diyakinkan hanya melalui pernyataan dalam surat elektronik.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.