TikTok dan GoTo Resmi Jalin Kemitraan Strategis untuk Mendorong Ekonomi Digital Indonesia

0
279
TikTok dan GoTo
TikTok dan GoTo Resmi Jalin Kemitraan Strategis untuk Mendorong Ekonomi Digital Indonesia
Pojok Bisnis

Pada hari Senin (11/12/2023), TikTok dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) secara resmi mengumumkan kemitraan strategis mereka untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Fokus utama dari kemitraan ini adalah pemberdayaan dan perluasan pasar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh negeri.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabungkan di bawah naungan PT Tokopedia, dengan TikTok memegang kendali atas perusahaan tersebut. Layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan oleh Tokopedia.

Manajemen mengungkapkan, “TikTok berkomitmen untuk menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai bentuk dukungan jangka panjang untuk operasional Tokopedia, tanpa mengurangi kepemilikan GoTo di Tokopedia.” Transaksi ini dijadwalkan selesai pada kuartal I/2024, sesuai dengan langkah Grup GoTo untuk memperkuat posisi keuangan dan strategi perluasan cakupan pasar.

Upaya Transisi dan Integrasi

Dalam upaya menjaga keberlanjutan langkah PT Tokopedia, akan dibentuk komite yang akan dipimpin oleh Patrick Walujo, dengan dukungan dari perwakilan PT Tokopedia dan TikTok, untuk memfasilitasi transisi dan integrasi.

Top Mortar Semen Instan

Goldman Sachs berperan sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo dalam transaksi ini. TikTok dan GoTo berkomitmen untuk memperluas manfaat bagi pengguna dan pelaku UMKM di Indonesia. Manajemen menyatakan, “Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah integrasi dengan TikTok Shop Indonesia akan memberikan keuntungan bagi GoTo, tetap menjadi mitra ekosistem Tokopedia.”

Kemitraan strategis ini akan dimulai dengan periode uji coba yang akan diawasi oleh kementerian dan lembaga terkait. Kampanye “Beli Lokal” akan menjadi bagian dari uji coba ini, diluncurkan pada 12 Desember, sejalan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) pemerintah Indonesia.

Program Beli Lokal akan dipromosikan di aplikasi Tokopedia dan TikTok, fokus utama pada produk asli Indonesia. Melalui kemitraan ini, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen untuk memberikan manfaat lebih luas bagi pelaku UMKM dengan memanfaatkan platform e-commerce dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam 5 tahun mendatang.

Dengan lebih dari 90% merchant yang merupakan pelaku UMKM, para pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan melalui program-program dari TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo. Kemitraan ini diharapkan menjadi langkah besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia.

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan