Cara Memilih Software ERP dan Harganya yang Perlu Anda Ketahui

0
538
cara memilih software ERP
Business women using a calculator to calculate the numbers of statistic business profits growth rate on documents graph data, desk in the office.
Pojok Bisnis

Belakangan ini, semakin banyak industri yang sadar bahwa membuat operasional lebih sederhana adalah sebuah keharusan demi mencapai efektivitas dan efisiensi. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan menggunakan software ERP.

Perangkat lunak yang memang dipersonifikasikan untuk membuat bisnis berjalan dengan lebih ringkas dan cepat.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan software ERP, mari cari tahu lebih dulu cara memilih dan harganya di sini!

Bagaimana Cara Memilih Software ERP

Memilih software Enterprise Resource Planning (ERP) yang baik dan benar merupakan langkah penting bagi perusahaan Anda, karena ERP akan memainkan peran sentral dalam mengelola berbagai aspek operasional dan bisnis. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memilih software ERP yang sesuai untuk perusahaan Anda:

PT Mitra Mortar indonesia

 

Menentukan Kebutuhan Bisnis

Identifikasi kebutuhan bisnis yang spesifik. Apa yang ingin Anda capai dengan implementasi ERP? Apakah itu manajemen inventaris, produksi, keuangan, SDM, atau bidang lainnya? Pastikan Anda memahami kebutuhan inti dan tambahan yang dibutuhkan.

 

Penelitian Vendor dan Solusi

Telusuri vendor-vendor ERP yang terkenal dan cocok dengan ukuran dan industri perusahaan Anda. Buat daftar calon vendor berdasarkan reputasi, pengalaman, dan fitur yang ditawarkan. Bandingkan solusi yang mereka tawarkan dengan kebutuhan yang telah Anda identifikasi.

 

Skalabilitas

Pastikan bahwa sistem ERP Indonesia yang Anda pilih dapat dengan mudah berkembang seiring pertumbuhan perusahaan Anda. Ini penting untuk menghindari penggantian sistem ERP dalam waktu dekat karena pertumbuhan bisnis.

 

Fitur dan Fungsionalitas

Tinjau fitur dan fungsionalitas dari setiap solusi ERP. Pastikan bahwa sistem tersebut menyediakan solusi bagi kebutuhan bisnis yang Anda miliki. Juga, pastikan bahwa antarmuka pengguna intuitif dan mudah digunakan oleh karyawan.

 

Integrasi

Pertimbangkan kemampuan sistem ERP untuk mengintegrasikan dengan sistem lain yang mungkin Anda gunakan, seperti perangkat lunak akuntansi atau e-commerce. Integrasi yang lancar dapat menghindari gangguan dalam aliran kerja.

 

Biaya Total Kepemilikan (Total Cost of Ownership/TCO)

Hitung biaya total kepemilikan dari sistem ERP selama beberapa tahun, termasuk biaya lisensi, implementasi, dukungan, dan pemeliharaan. Jangan hanya melihat harga awal, tetapi pertimbangkan biaya jangka panjang.

 

Referensi dan Ulasan

Mencari ulasan dan rekomendasi dari perusahaan lain yang telah mengimplementasikan ERP yang sedang Anda pertimbangkan. Pengalaman dan pandangan mereka dapat memberikan wawasan berharga.

 

Dukungan dan Pelatihan

Pastikan vendor menyediakan dukungan teknis yang baik dan pelatihan yang memadai bagi tim Anda. Implementasi ERP seringkali melibatkan perubahan dalam alur kerja, jadi pastikan tim Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengoperasikan sistem.

 

Uji Coba dan Evaluasi

Beberapa vendor mungkin menyediakan periode uji coba. Manfaatkan kesempatan ini untuk menguji sistem secara langsung dan mengevaluasi sejauh mana sistem tersebut memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

 

Memilih software ERP memerlukan waktu dan penelitian yang cermat. Jangan terburu-buru dalam proses ini, karena keputusan yang Anda buat akan mempengaruhi efisiensi dan produktivitas perusahaan Anda dalam jangka panjang.

 

Berapa Harga Software ERP?

Harga ERP dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor, termasuk vendor yang Anda pilih, ukuran perusahaan Anda, fitur dan modul yang Anda butuhkan, dan sejumlah faktor lainnya. Berikut beberapa poin yang perlu dipertimbangkan terkait harga software ERP:

 

Ukuran dan Kebutuhan Perusahaan

Harga software ERP dapat dipengaruhi oleh ukuran perusahaan Anda dan kompleksitas kebutuhan bisnis Anda. Perusahaan kecil mungkin akan membayar lebih sedikit daripada perusahaan besar yang memiliki kebutuhan yang lebih kompleks.

 

Fitur dan Modul

Fitur dan modul yang ada juga akan memengaruhi harga dari software ERP. Modul tambahan seperti manajemen inventaris, produksi, CRM (Customer Relationship Management), keuangan, dan lain-lain, biasanya akan menambah biaya.

Sistem On-Premises vs. Cloud

Software ERP dapat di-host di dalam infrastruktur perusahaan (on-premises) atau di-host di cloud. Pilihan ini juga dapat mempengaruhi biaya, karena model cloud biasanya melibatkan biaya langganan berlangganan bulanan atau tahunan.

Biaya Implementasi

Biaya implementasi mencakup pengaturan, konfigurasi, pelatihan, dan migrasi data. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas perusahaan Anda dan seberapa baik Anda telah mempersiapkan proses implementasi.

Vendor dan Reputasi

Vendor yang lebih terkenal dan mapan mungkin cenderung memiliki harga yang lebih tinggi. Namun, mereka juga mungkin menawarkan kualitas layanan yang lebih baik dan fitur yang lebih canggih.

 

Nah, sekarang Anda sudah lebih tahu bagaimana cara memilih software ERP lengkap dengan harganya. Semoga artikel ini membantu Anda!

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan