Mistersiap.com, Startup Kota Malang Penyedia Kebutuhan Rumah Tangga nan Lengkap

0
1158
Mistersiap.com

Berempat.com – Kemajuan teknologi saat ini mendorong banyak kreator melahirkan perusahaan rintisan (startup) berbasis aplikasi yang bertujuan memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat Indonesia. Salah satu yang kini hadir ialah Mistersiap.com.

Pendiri Mistersiap.com, Danny Waskita menjelaskan bahwa Mistersiap.com merupakan perusahaan penyedia jasa kebutuhan rumah tangga dan pribadi berbasis aplikasi. Mistersiap.com sendiri merupakan perusahaan startup asal Kota Malang, Jawa Timur yang baru launching pada 8 September 2018. Kini, aplikasinya sudah bisa diunduh di Google Playstore.

“Kalo kita menyediakan jasa untuk kebutuhan pribadi atau rumah tangga. Contoh untuk jasa pribadi itu kita ada jasa potong rambut, jasa facial, seperti itu. Kalo dokter umum kita juga ada. Kalo rumah tangga kita ada jasa tukang bangunan, tukang cat, servis AC, servis mobil seperti itu,” terang Danny saat dihubungi Berempat.com melalui saluran telpon, Rabu (12/9).

Lebih lengkap, Danny memaparkan bahwa Mistersiap.com menawarkan 12 kategori jasa yang disebutnya sebagai channel. Adapun 12 kategori tersebut ialah Siaprenovasi yang menyediakan tukang cat, tukang bangunan hingga tukang taman; lalu Siapreparasi yang menyediakan servis AC hingga instalasi listrik; Siapotomotif yang meliputi servis motor/mobil, tambal ban, hingga jasa poles mobil; Siapedukasi yang menawarkan jasa guru private, mulai dari mata pelajaran umum hingga mengaji.

Kemudian Siapspesial yang menawarkan jasa MC, Fotografer hingga tour guide; Siapsehat yang meliputi jasa dokter umum, pijat bayi hingga pijat keseleo; lalu Siapgaya yang menyediakan jasa rias, potong rambut, hingga facial; Siapbersih yang meliputi kebutuhan laundry dan asisten rumah tangga; Siapbelanja yang menawarkan jasa belanja ke toko atau warung; Siapkirim yang merupakan jasa kurir; Siapboks yang menawarkan jasa sewa mobil boks; dan Siapmart yang menawarkan jasa belanja ke supermarket.

“Jadi kenapa kita banyak membuka jasa? Karena saya pengin visinya Mistersiap.com ini untuk membuka lapangan kerja,” ungkap pria kelahiran Surabaya, Mei 1980 ini.

Menurutnya, saat ini banyak sekali orang Indonesia yang punya keahlian namun tak dapat tersalurkan sebab terbatasnya lapangan pekerjaan. “Harapan saya dengan apliaksi ini orang-orang yang punya kemampuan itu bisa tersalurkan melalui Mistersiap.com. Karena melalui aplikasi ini dia bisa terima order langsung dari pelanggan,” imbuhnya.

Berdasarkan penjelasan Danny, maka bisa dibilang bahwa Mistersiap.com merupakan perusahaan aplikator yang dapat menjembatani antara penyedia jasa dengan konsumen. Saat ini, pria yang juga pengusaha di bidang jasa tour and travel ini mengklaim bahwa Mistersiap.com telah menggandeng 67 mitra.

Dalam memilih mitra, Danny pun mengaku bahwa Mistersiap.com tak bisa sembarangan. Pertama, calon mitra diminta mendaftar dengan membawa dokumen berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), SKCK, dan surat referensi kerja (jika ada). “Kalo dia ada sertifikat sesuai profesinya lebih bagus lagi,” tambah Danny.

Kemudian, calon mitra akan diwawancara, sebelum berlanjut ke tahap pelatihan. Danny menyebutnya sebagai training service excelent, yakni memberikan pelatihan kepada calon mitra dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

“Makanya untuk menjaga itu juga kita ada namanya service quality control. Ini (tim) akan melakukan audit terus ke pelanggan langsung, apakah penyedia jasa ini melakukan sudah memberikan pelayanan yang cukup baik, gitu,” papar Danny yang menegaskan tak adanya biaya pendaftaran.

Sementara untuk model transaksi, Mistersiap.com masih mengandalkan transaksi secara tunai antara pelanggan dan mitra. Namun, layaknya perusahaan aplikator lain macam Go-Jek dan Grab, Mistersiap.com juga akan melakukan pemotongan 10% dari setiap transaksi.

Tapi, untuk 3 bulan pertama ini Mistersiap sama sekali tak akan mengambil potongan 10% bagi transaksi para mitranya. Di bulan keempat nanti baru potongan 10% akan diterapkan.

Dan tak perlu berlama-lama dalam menentukan target. Danny menyebut bahwa pihaknya sudah menargetkan bulan depan order yang diterima Mistersiap.com mencapai 100-200 order per hari. Sementara dalam 3 bulan akan mencapai 1.000-2.000 order.

Namun, untuk saat ini Mistersiap.com baru bisa mengkaver wilayah Kota Malang. Danny menyebut, pihaknya akan melebarkan jangkauan ke Surabaya dan Jakarta pada awal tahun depan.

“Kemungkinan sekitar awal tahun 2019 nanti kita di Surabaya, setelah itu Jakarta,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.