Daftar Tugas yang Menanti Dirut Baru Pertamina

0
489

Berempat.com – Posisi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina kini sudah disematkan kepada Nicke Widyawati pada Rabu (29/8). Dengan demikian, Nicke pun sudah harus bersiap menjalani berbagai program yang sudah diusung pemerintah terhadap Pertamina.

Berikut adalah daftar tugas yang sudah menanti dirut baru Pertamina.

1. Kilang Balikpapan

Salah satu prioritas utama pemerintah tahun ini terhadap Pertamina adalah membangun kilang Balikpapan. Nicke mengungkapkan, di antara enam kilang yang akan dibangun, Balikpapan menjadi prioritas utama.

“Kita jadikan prioritas, kemudian yang lainnya Cilacap dan sebagainya akan kita urus,” jelasnya, di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Rabu (29/8).

Menurut Nicke, pembangunan kilang Balikpapan menjadi prioritas karena mulai dari lahan hingga pier sudah sudah siap.

2. Menaikkan Produksi Hulu

Selain pembangunan kilang, Nicke juga dituntut untuk bisa meningkatkan produksi minyak nasional. Tuntutan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno usai memberikan surat keterangan penetapan sebagai Dirut Pertamina.

Nicke menjelaskan, peningkatan produksi hulu perlu dilakukan agar Indonesia dapat mengurangi kebutuhan impor.

Sebagai informasi, Blok Mahakam yang diketahui mampu memproduksi gas dalam jumlah besar tengah mengalami penurunan produksi. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan, per 5 Agustus 2018 ini produksi gas Blok Mahakam baru mencapai 957 mmscfd. Sementara, target di Rencana Kerja Anggaran (RKA) Pertamina tahun ini mencapai 1.008 mmscfd.

Selain itu, pemerintah sendiri sudah mematok target kepada Pertamina agar dapat memproduksi minyak nasional 1 juta barel per hari (bph).

3. Pembangunan Kilang

Sebagai upaya meningkatkan produksi, pemerintah pun menuntut Pertamina untuk melakukan pembangunan kilang. Menurut Nicke, pembangunan kilang berguna untuk menambah kapasitas produksi.

“Semuanya itu untuk bagaimana peran Pertamina dalam mencapai kemandirian energi nasional. Selama ini kita di sisi hulu atau crude, kita masih impor, di sisi produk kita masih impor,” ungkapnya.

4. Pengadaan Biodiesel

Selain didorong untuk dapat membangun kilang, Pertamina juga diminta untuk fokus dalam pengadaan Biodiesel 20% atau B20.

“Tinggal itu yang jadi soft complain yang akan dilakukan di tahun ini,” terang Nicke.

Dengan terpilihnya Nicke sebagai Dirut Pertamina, maka pemerintah pun akan menaruh harapan terbesarnya terhadap kinerja Pertamina di pundak Nicke. Pramono juga berharap agar Nicke dapat segera mereformasi sekaligus membenahi Pertamina.

“Karena bagaimanapun Pertamina ini kan sekarang mendapatkan penugasan yang luar biasa,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.