Garibaldi Thohir Kuasai 10 Persen Saham Anteraja

Garibaldi Thohir
Doc Suara

Pengusaha Garibaldi Thohir atau yang dikenal dengan Boy Thohir dikabarkan mengakuisisi 10 persen saham PT Tri Adi Bersama. Diketahui jika perusahaan tersebut merupakan anak perusahaan PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) yang bergerak di sektor logistik dengan mengusung brand Anteraja.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), manajemen ASSA mengatakan jika PT Tri Adi Bersama menerbitkan 490.413 lembar saham baru atau setara 10 persen. Dilansir dari laman Tech in Asia, keseluruhan saham itu dibeli oleh Garibaldi Thohir dengan nilai transaksi mencapai Rp70,55 miliar.

“Dengan masuknya investor baru tersebut, perseroan berharap PT Tri Adi Bersama dapat mengembangkan bisnisnya dan memberikan kontribusi positif kepada perseroan,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi.

Berdasarkan laporan tersebut, kehadiran Boy Thohir sebagai investor baru di perusahaan tersebut jelas membuat berkurangnya persentase kepemilikan para pemegang saham existing.

Rinciannya, ASSA masih menjadi pemegang saham pengendali. Persentase kepemilikannya turun dari 55 persen menjadi 49,5 persen. PT Roda Bangun Selaras yang awalnya menguasai 25 persen saham Anteraja, kini turun menjadi 22,5 persenpemegang saham.

Sedangkan kepemilikan Time Prestige Investments Ltd juga berkurang dari 20 persen menjadi 18 persen. Dalam laporan tahunan ASSA, bisnis Anteraja pada tahun 2021 membukukan pendapatan Rp2,76 triliun.

Jumlah ini meningkat 248 persen secara year-on-year dibanding tahun sebelumnya. Jumlah ini juga berkontribusi sekitar 54 persen dari total pendapatan induk perusahaannya sepanjang 2021.

====

Kunjungi berita bisnis menarik lainnya di berempat.com