Cara Jitu Bisnis Online Pemula di E-Commerce

0
47
bisnis online pemula
Semen Instan Serbaguna

Cara bisnis online pemula ataupun usaha semakin hari semakin berubah. Jika dulu cara berbisnis ataupun memulai usaha dilakukan secara konvensional harus memiliki toko, menyebarkan brosur ataupun memasang baliho. Namun kini, berbisnis bisa dilakukan secara online tanpa perlu melakukan hal konvesional di atas. Namun terkadang kita bingung bagaimana cara jitu bersaing bisnis online di E-Commerce ketika semua orang melakukan hal yang sama.

Persaingan bisnis online di E-Commerce semakin hari semakin sengit oleh karena itu diperlukan cara jitu untuk berhasil. Dilansir dari laman Tech in Asia, CEO dan Co-founder Brodo Muhammad Yukka Harlanda membagi pengalaman membangun brand Brodo dari nol. Brodo sendiri merupakan salah satu merek sepatu lokal yang sudah terkenal.

1. Tidak instan

Yukka mengatakan jika kunci keberhasilan terletak pada transisi operasional dari luring ke daring. Oleh karena itu, diharapkan pertumbuhan bisnis tetap berjalan dalam bentuk slow growth bukan fast growth. Menurutnya, jika memulai bisnis dari nol tidak bisa mengharapkan hasil yang instan.

2. Selesaikan hal administrasi terlebih dahulu meskipun membosankan

Selesaikan terlebih dahulu hal – hal administratif yang sifatnya membosankan. Karena justru hal membosankan itu harus diselesaikan di awal berjalannya bisnis.

Top Mortar Semen Instan

3. Pastikan hal berikut!

Bertumbuh secara perlahan dilakukan lewat membentuk komunitas (seratus pelanggan setia pertama), memastikan kesiapan rantai pasok, modal, kualitas produk, pendekatan kisah merek, baru disusul dengan melakukan pengembangan bisnis (scale-up) di waktu yang tepat. Semua ini akan membantu bisnis untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat.

4. Selalu belajar dari data

Setelah bisnis berjalan secara online, semua hal terkait bisnis bisa tersaji dalam bentuk data secara detail terperinci dan sangat mendukung dalam pengembangan bisnis. Manfaatkan data tersebut untuk menentukan produksi selanjutnya.

Dalam produk Brodo, Yukka mengatakan jika data yang tersaji dari marketplace online bisa membantu Brodo untuk mendapatkan feedback pelanggan yang jujur dan apa adanya.

Dari hal ini pula, Brodo pun dapat mengetahui desain sepatu mana yang paling diminati dan bisa mengembangkan variasi pilihan dari desain yang menjadi favorit pelanggannya. Selain itu, Brodo juga bisa memperbaiki layanan maupun produksi sepatunya berdasarkan feedback yang diperoleh.

=====

Kunjungi berempat.com untuk mendapatkan informasi bisnis online pemula menarik lainnya

DISSINDO
Top Mortar Semen Instan