Hermanto Tanoko, Orang Terkaya No 11 di Indonesia Versi Forbes

Hermanto Tanoko
Doc CNBC

Hermanto Tanoko adalah pebisnis asal Surabaya yang kini menduduki urutan ke-11 orang terkaya di Indonesia berdasarkan laporan Forbes. Nama Hermanto Tanoko juga ramai diperbincangkan banyak orang usai membawa dua perusahaannya masuk ke dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun lalu.

Dua perusahaan itu adalah Caturkarda Depo (DEPO) dan Avia Avian (AVIA). Kedua perusahaan yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko tersebut merupakan bagian dari Tancorp Abadi Nusantara, di mana ia juga menjabat sebagai Group CEO. Menurut laman Forbes, Wijono dan Hermanto Tanoko memiliki kekayaan 3,3 milliar USD pada akhir tahun lalu. Kekayaan ini meningkat pesat, setelah melewati tahun 2020 dengan total kekayaan mencapai 700 juta USD.

Lahir dari keluarga sederhana Hermanto Tanoko mempunyai cerita hidup yang menarik, mulai dari lahir di bekas kandang ayam hingga sering membantu mengaduk cat di pabrik saat membantu bisnis sang ayah. Lahir di bekas kandang ayam itu terjadi pada tahun 1962, saat Soetikno Tanoko ayah dari Hermanto Tanoko menyewa sebuah rumah kecil di Kota Malang yang merupakan bangunan bekas kandang ayam.

Hermanto sudah mulai mengenal dan belajar bisnis saat usianya masih kecil. Sang ayah yang dikenal sebagai pekerja keras dan ulet mengajarkannya ilmu bisnis. Setiap mendapatkan angpau ketika berumur 5 tahun, Hermanto Tanoko diminta untuk membantu membelanjakan toko kelontong ibunya, mulai dari terigu, biskuit, telur dan sebagainya. Sejak itulah dia belajar mengenal investasi.

Bertambahnya usia, dia kemudian diajari mengelola bisnis saat diminta sang ayah menjaga toko cat, mengelola apotek, hingga investasi emas. Hingga kemudian dia meneruskan usaha cat yang didirikan oleh Soetikno Tanoko pada 1 November 1978 di Kabupaten Sidoarjo.

Ia pun sukses mengembangkan bisnis cat PT Avia Avian atau yang dikenal dengan produknya, Avian Paint. Kini cat Avian Paint menjadi salah satu produsen cat nasional terbesar yang mampu bersaing dan mendominasi pasar di tengah maraknya produsen cat internasional di Indonesia.

Salah satu yang sering dikenal dari pebisnis sukses ini adalah Hermanto Tanoko merupakan anak yang berbakti dengan orang tuanya. Yang menarik, pengusaha asal Surabaya ini tidur bersama dengan orang tuanya hingga umur 12 tahun. Karena hal ini, dia sering mendapatkan cerita inspirasi dari sang ayah.

Hermanto Tanoko tak segan mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan ayah dan ibunya di akun sosmed Instagram. Dia juga tak segan mengajak bermain, menyuapi, menggendong, dan mencium orangtuanya.

Kini, dia menjadi CEO Tancorp Abadi Nusantara yang didirikan pada tahun 2015 yang merupakan induk delapan perusahaan subholding yang bergerak di berbagai bidang, mulai industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran. Tancorp memiliki lebih dari 100 brand aktif yang dikelola oleh 36 business unit (BU), dengan jumlah karyawan yang mencapai lebih dari 11.600 tenaga kerja.

======

Informasi menarik lainnya, bisa kamu baca di berempat.com